RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
XI /1 (satu)
Materi Pokok :
Lingkaran
- Kompetensi Inti
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin,tanggung
jawab,peduli(toleransi,gotong royong),santun,percaya diri,dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual,konseptual,dan procedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (
menggunakan,mengurai,merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis,membaca,menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaiaan
3.7 Menurunkan rumus
untuk menentukan rumus keliling dan luas lingkaran yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
|
3.7.1 Mengenal Lingkaran
3.7.2 Mengenal Rumus
untuk menentukan keliling lingkaran menggunakan masalah kontekstual
3.7.3 Menurunkan rumus
untuk menentukan luas daerah lingkaran menggunakan masalah kontekstual
|
- Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati,menanya,mengumpulkan informasi,dan
mengkomunikasikan hasil mengelolah informasi dalam penguasaan individu maupun
kelompok,siswa dapat :
3.7.1.1 Siswa dapat mengenal lingkaran
- Materi Pembelajarn
·
Unsur-Unsur lingkaran
- Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
·
Pendekatan Kontekstual
·
Model : kooperatif
·
Metode : ceramah,Tanya
jawab dan penugasan
- Sumber Belajar
·
Buku Pegangan Guru dan
Internet
- Media Pembelajaran
·
Media
Power Point
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
Aktivitas
|
Alokasi
|
|
|
Guru
|
Siswa
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi
salam,mengajak peserta didik untuk mengawali pembelajaran dengan
berdoa,memeriksa kehadiran peserta didik.
·
Guru mngecek Penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya terkait dengan materi mengenal
lingkaran dengan Tanya jawab
·
Guru menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai
·
Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
·
Guru menyampaikan cara
penilaian,yaitu penilaian pengetahuan dan teknik penilaian yang akan
digunakan.yaitu teknik tes.
|
|
|
Inti
|
Mengamati
·
Guru membagi peserta
didik menjadi beberapa kelompok
Menanya
·
Guru menarahkan peserta
didik untuk bertanya mengenai pengenalan lingkaran
·
Guru memotivasi peserta didik
dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
dari materi
Mengumpulkan Informasi
·
Guru menyuruh siswa untuk
mencari informasi mengenai mengenal lingkaran
Mengasosiasi
·
Guru menyuruh
masing-masing kelompok untuk membahas dan berdiskusi mengenai apa yang
dinamakan lingkaran
·
Guru berkeliling melihat
peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan
kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami
·
Guru memberikan
penjelasan kepada masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap
sulit oleh peserta didik
·
Masing-masing kelompok
dengan bimbingan guru untuk menyimpulkan tentang apa yang dinamakan dengan
lingkaran
|
·
Siswa memperhatikan
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang
melibatkan mengenal lingkaran secara umum
|
|
Penutup
|
·
Guru menyuruh siswa
membuat kesimpulasn mengenai apa yang dimaksud dengan lingkaran
·
Guru bersama siswa
mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara
mengidentifikasi kesulitan yang dialami peserta didik
·
Guru melakukan penilaian
dengan memberikan kuis terkait mengenal lingkaran
·
Guru mengumpulkan
lembaran kuis yang ada jika sudah selesai dikerjakan
·
Guru memberikan PR
·
Guru menyampaikan materi
yang akan dipelajari di pertemuan yang akan datang
|
|
|
J.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen: Lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menyadari
besarnya kekuasaan Tuhan dibandingkan
dengan
uang
|
1
|
2.
|
Menyadari
adanya kegunaan dan kekuatan doa dalam
kalkulasi
keuangan
|
2
|
3.
|
Bersyukur
atas kebesaran Tuhan dengan adanya air,
udara,
matahari yang kesemuanya itu tanpa biaya
|
3
|
4.
|
Bersyukur
atas kebesaran Tuhan dengan adanya
kekayaan
alam yang tidak terbatas.
|
4
|
Instrumen: lihat Lampiran 1
2.
Sikap sosial
a.
Teknik
Penilaian: Penilaian sejawat (antar teman)
b.
Bentuk
Instrumen: Angket
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Rasa
ingin tahu
|
1-3
|
2.
|
Percaya
diri
|
4-5
|
3.
|
Ketertarikan
kegunaan matematika pada kehidupan.
|
6
|
Instrumen: lihat Lampiran 2.
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian
: Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen: Uraian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Mengenal
apa yang dimaksud dengan lingkaran
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran 3.
4.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian:Observasi
b.
Bentuk
Instrumen: Check list
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Mempresentasikan hasil kerja kelompok mengenai
materi mengenal lingkaran
|
1
|
Instrumen:
lihat Lampiran 4
Lampiran 1: Penilaian sikap spiritual
No
|
N
a m a Peserta Didik
|
Menyadari besarnya
kekuasaan Tuhan dibandingkan dengan uang
(1)
|
Menyadari adanya
kekuatan doa dalam rangka tercapainya suatu tujuan atau keinginan.
(2)
|
Bersyukur atas
kebesaran Tuhan dengan adanya air, udara, matahari yang semuanya tanpa
biaya. (3)
|
Bersyukur atas
kebesaran Tuhan dengan adanya kekayaan alam yang tidak terbatas.
(4)
|
Total
Skor
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Nilai:
Selalu = 4
Sering = 3
Jarang = 2
Tidak
Pernah = 1
Kriteria:
A = Total Skor 12-16 B = Total Skor 8-12 C = Total Skor 4-8 D = Total Skor 4
Lampiran 2: Penilaian sikap sosial
Lembar penilaian antar teman dalam kerja kelompok
Nilailah
setiap anggota dalam kelompokmu! Berilah nilai 10 bila sangat baik, atau nilai
0 bila sangat jelek! Selanjutnya jumlahkan hasil penilaianmu untuk memperoleh
nilai masing-masing anggota dalam kelompokmu!
No
|
Nama Siswa
|
No
Presensi
|
Hal yang
dinilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Jumlah
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Hal yang dinilai
No
|
Hal yang dinilai
|
1
|
Mendengarkan
pendapat teman lainnya
|
2
|
Mengajukan
usul, atau memberikan pendapat
|
3
|
Menyelesaikan
tugas dengan baik
|
4
|
Membantu
teman lain yang membutuhkan
|
5
|
Tetap berada
dalam tugas
|
6
|
Antusias
dalam mengidentifikasi penggunaan matematika
dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Lampiran 3: Penilaian pengetahuan
P
|
Q
|
O
|
T
|
R
|
S
|
Tentukan:
a. Titik Pusat
b. Jari-jari
c. Diameter
d. Busur
e. Tali Busur
f. Tembereng
g. Juring
h. Apotema
|
Pedoman Penilaian
Pengetahuan.
NO
|
Penyelesaian
|
skor
|
||||||||||||
1
|
a.
Titik Pusat :
Titik O
b. Jari-jari : Garis OP,OQ,OS
c.
Diameter : Garis QS
d. Busur : QR,QP,PS,RS
e.
Tali Busur : QR
f.
Tembereng : Daerah
yang dibatasi oleh Busur QR dan tali busur QR
g. Juring : POQ,POS
h. Apotema : Garis OT
|
100
|
||||||||||||
Total Skor
|
|
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 , dengan pedoman sebagai
berikut :
Nilai Akhir = Perolehan Skor
X (100)
Total Skor Max
|
Lampiran 4: Penilian Keterampilan
Instrumen:
1. Presentasikan
tentang penggunaan Diskon, bruto, tara dan Neto dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh Penilaian Keterampilan
No
|
Nama Peserta Didik
|
Menunjukkan kemampuan mempertahankan pendapat.
|
Mengenal apa yang dimaksud dengan lingkaran
|
Mengemas penyajian secara runtut dan menarik.
|
Total
Skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Nilai
Sangat baik = 4
Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
Kriteria:
A = Total Skor 12-16 B = Total Skor 8-12 C = Total Skor 4-8 D = Total Skor 4
Lembar penilaian antar teman dalam kerja kelompok
Nilailah
setiap anggota dalam kelompokmu! Berilah nilai 10 bila sangat baik, atau nilai
0 bila sangat jelek! Selanjutnya jumlahkan hasil penilaianmu untuk memperoleh
nilai masing-masing anggota dalam kelompokmu!
No
|
Nama Siswa
|
No
Presensi
|
Hal yang
dinilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Jumlah
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Hal yang dinilai
No
|
Hal yang dinilai
|
1
|
Mendengarkan
pendapat teman lainnya
|
2
|
Mengajukan
usul, atau memberikan pendapat
|
3
|
Menyelesaikan
tugas dengan baik
|
4
|
Membantu
teman lain yang membutuhkan
|
5
|
Tetap
berada dalam tugas
|
6
|
Antusias
dalam mengidentifikasi penggunaan matematika
dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Lembar penilaian antar teman dalam kerja kelompok
Nilailah
setiap anggota dalam kelompokmu! Berilah nilai 10 bila sangat baik, atau nilai
0 bila sangat jelek! Selanjutnya jumlahkan hasil penilaianmu untuk memperoleh
nilai masing-masing anggota dalam kelompokmu!
No
|
Nama Siswa
|
No
Presensi
|
Hal yang
dinilai
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Jumlah
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Hal yang dinilai
No
|
Hal yang dinilai
|
1
|
Mendengarkan
pendapat teman lainnya
|
2
|
Mengajukan
usul, atau memberikan pendapat
|
3
|
Menyelesaikan
tugas dengan baik
|
4
|
Membantu
teman lain yang membutuhkan
|
5
|
Tetap
berada dalam tugas
|
6
|
Antusias
dalam mengidentifikasi penggunaan matematika
dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar