Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/II
Materi Pokok : Rata-rata, median, modus dan sebaran data
Alokasi Waktu : 7 JP (7 x 40 menit) (3 Pertemuan
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR
3.12 Menganalisis
data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran
data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
4.12 Menyajikan
dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data,
nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
C.
INDIKATOR
3.12.1 Menentukan rata-rata (mean) dari data tunggal
3.12.2 Menentukan median dari data
tunggal
3.12.3 Menentukan nilai modus dari data tak terkelompok.
3.12.4 Menentukan nilai modus dari data tunggal berbobot.
3.12.5 Menentukan jangkauan, kuartil,
jangkauan interkuartil, dan jangkauan
semiinterkuartil dari data tunggal.
semiinterkuartil dari data tunggal.
4.12.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan mencari rata-rata
(mean) dan median
4.12.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran
data.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Dengan
menggunakan pendekatan saintifik dan model PBL berbantuan media LKPD, PPT siswa
dapat:
1.
menentukan
rata-rata (mean) data tunggal dengan
benar
2.
menentukan
median data tunggal dengan benar
3.
menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan dengan rata-rata dan median data
tunggal dengan tepat
Pertemuan
Kedua
Dengan menggunakan pendekatan
saintifik dan model PBL berbantuan media LKPD, PPT siswa dapat.
1. Menentukan nilai modus dari data tak terkelompok dengan benar.
2. Menentukan nilai modus dari data tunggal berbobot dengan benar.
3. Menentukan jangkauan, kuartil,
jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal dengan
benar.
4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran
data dengan benar
E. MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama
Rata-rata (mean) dan Median
Pertemuan
kedua
Modus dan Penyebaran Data
F. MODEL,
PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Model
:
Problem Based Learning (PBL)
Pendekatan : Saintifik
Metode :
Tanya Jawab, Diskusi, dan Pemberian Tugas
Pertemuan kedua
Model
:
Problem Based Learning (PBL)
Pendekatan :
Saintifik
Metode : Diskusi dan tanya jawab
G. MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama
Media : LKPD, PPT
Alat : Laptop, Spidol,
Sumber Pembelajaran :
a.
Indonesia.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.
Matematika:
buku guru edisi revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.
Indonesia.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.
Matematika. Jakarta :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
https://www.academia.edu/9685024/Materi-statistika-smp
(di akses pada tanggal 30 Mei 2016)
d.
http://hindayani.com/rangkuman-materi-mean-median-modus-dan-contoh/ (di akses pada tanggal 30 Mei 2016)
e.
Dris, J.
2011. Matematika 3 untuk SMP
dan MTS Kelas IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian
Pendidikan Nasional.
f.
Marsigit. 2011. Matematika 3 untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian
Pendidikan Nasional
Pertemuan
Kedua
Media : Power point, LKPD
Alat : LCD, Laptop
Sumber Pembelajaran :
a.
Agus, Nuniek
Avianti. 2007. Mudah Belajar Matematika 3 untuk SMP dan MTS Kelas IX. Jakarta:
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.
Djumanta, Wahyudin. 2008. Belajar Matematika Aktif dan
Menyenangkan untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.
Dris, J.
2011. Matematika 3 untuk SMP
dan MTS Kelas IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian
Pendidikan Nasional.
d.
Marsigit. 2011. Matematika 3 untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian
Pendidikan Nasional.
e.
Masduki dan
Ichwan Budi Utomo. 2008. Matematika untuk
SMP & MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
f.
Sukino dan
Wilson Simangunsong. 2007. Matematika
untuk SMP Kelas IX. Jakarta : Erlangga.
g.
Wagiyo, A,
dkk. 2008. Pegangan Belajar Matematika
untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Kegiatan
|
Langkah-Langkah
Kegitan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam, kemudian mempersilakan siswa
untuk berdoa.
2.
Guru menyiapkan kondisi fisik peserta
didik (mengatur posisi duduk
siswa dan meminta siswa menyiapkan buku teks pelajaran dan alat tulis).
3.
Guru memeriksa kehadiran peserta
didik.
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu: menentukan rata- rata dan median dari data tunggal.
5.
Apersepsi :
Guru menuliskan sebuah data kemudian meminta peserta
didik mengurutkan,, menjumlahkan,
menyebutkan datum yang terbesar dan terkecil.
6.
Motivasi
Guru
memotivasi peserta didik dengan kata-kata: Jika anda tidak mau bekerja keras di usia tua anda, maka belajarlah
dengan keras di usia muda, sehingga anda bisa bekerja secara cerdas di usia
produktif anda.
|
10 menit
|
Inti
|
Fase 1: Orientasi siswa kepada masalah.
1. Peserta
didik memperhatikan masalah
yang di tampilkan oleh guru. (mengamati)
2. Guru
bertanya pada peserta didik, “Apa yang kalian ketahui tentang maslah
tersebut?”(mengamati, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan)
3. Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang pengelompokan-pengelompokan data
dari berbagia sumber. (mengamati dan mengumpulkan informasi)
4. peserta
didik memperhatikan data yang di tampilkan oleh guru. (Mengamati)
5. Guru
menjelaskan pada peserta didik bahwa data-data tersebut merupakan kumpulan
data-data yang menunjukan kumpulan dari sebuah informasi yang ingin diketahui
oleh bebrapa orang sehingga dengan melihat data tersebut, orang itu bisa
langsung mendapatkan informasi yang di perlukan (mengamati dan mengumpulkan informasi)
6. Peserta
didik diarahkan guru untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru: “
Apakah kalian mengetahui mean, median dari suatu data? Dan bagaimana cara
menentukannya?.
Fase 2: Mengorganisasikan siswa untuk belajar.
7. Guru
menjelaskan bahwa untuk menjawab pertaanyaan tersebut maka peserta didik
secara berpasangan dengan teman sebangku mengerjakan LKPD yang telah di
sediakan oleh guru.
Fase 3: Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok.
8. Peserta
didik secara berpasangan dengan teman sebangkunya mengerjakan LKPD yang
diberikan guru dengan bimbingan guru. (mengamati, menanya, menalar, dan
mengkomunikasikan)
9. Sambil
membimbing peserta didik, guru
meberitahuan kepada siwaa pada bagian ayo kita menalar untuk
dikerjakan secara mandiri
Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
10. Beberapa kelompok mempresentasikan
hasil kerjanya di depan kelas (membacakan dan menuliskan di papan tulis) dan pasangan
peserta didik lain memberi tanggapan
berupa kritikan disertai alasan-alasan, masukan, bandingan, atau pemikiran
dengan bimbingan guru. (mengamati,
mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan)
Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
11. Guru memberikan apresiasi kepada setiap kelompok dengan mengajak setiap
kelompok bertepuk tangan, kemudian guru meluruskan hal-hal yang kurang benar
dan memberikan penjelasan tambahan mengenai masalah yang dibahas dalam LKPD
berupa catatan (pada papan tulis). (mengamati,
menalar, dan mengumpulkan informasi)
12. Peserta
didik diarahkan atau difasilitasi
oleh guru agar bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami dari penjelasan
guru. (menanya)
13. Guru memberikan penjelasan tambahan apabila ada peserta
didik yang bertanya.
14. Peserta
didik diberi kesempatan mencatat
hal-hal penting yang disampaikan guru dan catatan yang di tulis guru pada
papan tulis. (mengamati dan
mengumpulkan informasi)
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik dengan bimbingan guru
membuat simpulan pembelajaran yang telah diperoleh.
2.
Peserta
didik mengerjakan soal evaluasi yang diberikan guru
3.
Peserta
didik diberikan tindak
lanjut berupa tugas rumah dan ditanya bagaimana perasaannya setelah
mengikuti pembelajaran.
4.
Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari
pada pertemuan selanjutnya, modus dan
sebaran data.
5.
Guru mempersilakan peserta
didik untuk berdoa, kemudian guru
mengucapkan salam.
|
20 menit
|
Pertemuan
Kedua
Kegiatan
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pelajaran dengan memberi salam.
2. Sebelum memulai pembelajaran peserta didik diajak berdo’a bersama untuk
membudayakan nilai-nilai keagamaan.
3. Guru memeriksa daftar hadir peserta didik dan menanyakan alasan jika ada
yang tidak masuk tanpa keterangan untuk menanamkan kedisiplinan. Jika
alasannya sakit, peserta didik diajak untuk peduli terhadap teman, yaitu
dengan mendo’akannya agar cepat sembuh dan meminta peserta didik yang dekat
rumahnya untuk menjenguk.
4. Guru memberikan pertanyaan pancingan dan permasalahan terkait dengan
materi ukuran penyebaran data dan pemusatan data. (apersepsi)
5. Guru memotivasi peserta didik dengan kata-kata: Jika anda tidak mau bekerja keras di usia tua anda, maka belajarlah
dengan keras di usia muda, sehingga anda bisa bekerja secara cerdas di usia
produktif anda.
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Tahap 1 Mengorientasi peserta didik pada masalah
1. Peserta didik melakukan pengamatan terhadap permasalahan yang disajikan
oleh guru berkaitan dengan ukuran pemusatan data (modus) tak terkelompok,
ukuran pemusatan data (modus) tunggal berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil,
jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal). (mengamati)
2. Peserta didik bertanya terkait permasalahan yang disajikan oleh guru. (menanya)
3. Peserta didik merumuskan hipotesis (dugaan sementara) terkait ukuran
pemusatan data (modus) tak terkelompok, ukuran pemusatan data (modus) tunggal
berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data
tunggal).
Tahap 2 Mengorganisasi peserta
didik
4. Peserta didik berkelompok sesuai dengan
pembagian kelompok yang sudah ditentukan.
5. Peserta didik mengamati permasalahan pada LKPD tentang ukuran pemusatan data (modus) tak terkelompok, ukuran pemusatan data
(modus) tunggal berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil,
jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal). (mengumpulkan data)
Tahap 3 Membimbing penyelidikan individual /kelompok
6. Peserta didik bekerja sama dalam kelompoknya saat mengisi LKPD (mengumpulkan data)
7. Peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang ada pada LKPD
tentang ukuran pemusatan data (modus) tak terkelompok, ukuran pemusatan data
(modus) tunggal berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil,
jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal). (menalar)
8. Peserta
didik dibimbing oleh guru untuk
memancing keaktifan peserta didik agar tidak pasif dalam proses pembelajaran.
Tahap 4 Mengembangkan dan
menyajikan hasil
karya
9. Perwakilan dari setiap kelompok
yang ditunjuk oleh guru mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. (mengomunikasikan)
10.
Peserta didik dari kelompok
yang lain memberikan tanggapan/pertanyaan dari
presentasi kelompok sebelumnya.
(mengkomunikasikan)
Tahap 5 Menganalisis dan
mengevaluasi
11.
Peserta didik dengan
bantuan guru menarik kesimpulan
berdasarkan hasil
pengamatan mereka.
12.
Peserta didik mendengarkan penguatan yang
disampaikan oleh guru .
13.
Peserta didik melakukan
tanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai ukuran
pemusatan data (modus) tak terkelompok, ukuran pemusatan data (modus) tunggal
berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data
tunggal).
2. Siswa mengerjakan evaluasi.
3. Guru memberikan motivasi pada siswa untuk mempelajari materi pertemuan
berikutnya.
4. Guru memberikan PR soal-soal tentang ukuran penyebaran data dan pemusatan
data..
5. Salam dan doa penutup.
|
10 menit
|
I.
PENILAIAN
Pertemuan Pertama
1. Sikap
Spiritual
Jenis/Teknik Penilaian : nontes/Jurnal
Bentuk Instrumen dan Instrumen : Terlampir
Pedoman
Penskoran : terlampir
2.
Sikap Sosial
Jenis/Teknik Penilaian :
nontes/Jurnal
Bentuk Instrumen dan Instrumen :
Terlampir
3.
Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian : Tes
Bentuk Instrumen dan Instrumen : uraian
Pedoman Penskoran :
terlampir
4. Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian : nontes/Kinerja
Bentuk Instrumen dan Instrumen : terlampir
Pedoman Penskoran :
terlampir
Pertemuan Kedua
1. Sikap Spiritual
Jenis/Teknik Penilaian : Observasi
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
2. Sikap Sosial
Jenis/Teknik Penilaian : Observasi dan Teman Sejawat
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi dan Angket
3. Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
4. Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian :
Observasi
Bentuk Instrumen : Check list
Tidak ada komentar:
Posting Komentar