Sabtu, 14 Desember 2019


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

              Sekolah                                               :
              Mata Pelajaran                                    : Matematika
              Kelas/Semester                                    : VIII/II
Materi Pokok                                      : Rata-rata, median, modus dan sebaran data

Alokasi Waktu                                    : 7 JP (7 x 40 menit) (3 Pertemuan

A.       KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       KOMPETENSI DASAR
3.12        Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
4.12          Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan distribusi data,
nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan
membuat prediksi
C.      INDIKATOR
3.12.1 Menentukan rata-rata (mean) dari data tunggal
3.12.2 Menentukan median dari data tunggal
3.12.3 Menentukan nilai modus dari data tak terkelompok.
3.12.4 Menentukan nilai modus dari data tunggal berbobot.
3.12.5 Menentukan jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan   
semiinterkuartil dari data tunggal.
4.12.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan mencari  rata-rata (mean) dan median
4.12.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model PBL berbantuan media LKPD, PPT siswa dapat:
1.       menentukan rata-rata (mean) data tunggal  dengan benar
2.       menentukan median data tunggal  dengan benar
3.       menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan dengan rata-rata dan median data tunggal dengan tepat
Pertemuan Kedua
Dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model PBL berbantuan media LKPD, PPT siswa dapat.
1.      Menentukan nilai modus dari data tak terkelompok dengan benar.
2.      Menentukan nilai modus dari data tunggal berbobot dengan benar.
3.      Menentukan jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal dengan benar.
4.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data dengan benar

E.       MATERI  PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Rata-rata  (mean) dan Median
Pertemuan kedua
Modus dan Penyebaran Data


F.       MODEL, PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
                                          Model                    : Problem Based Learning (PBL)
                                          Pendekatan           : Saintifik
                                          Metode                  : Tanya Jawab, Diskusi, dan Pemberian Tugas
            Pertemuan kedua
                                          Model                                : Problem Based Learning (PBL)
                                          Pendekatan                        : Saintifik
Metode                             : Diskusi dan tanya jawab

G.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
                                                                        Media              : LKPD, PPT
                                    Alat                  : Laptop, Spidol,
Sumber Pembelajaran              :
a.        Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.       
 Matematika: buku guru edisi revisi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.        Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.  Matematika. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.        https://www.academia.edu/9685024/Materi-statistika-smp (di akses pada tanggal 30 Mei 2016)
d.        http://hindayani.com/rangkuman-materi-mean-median-modus-dan-contoh/ (di akses pada tanggal 30 Mei 2016)
e.        Dris, J. 2011. Matematika 3 untuk SMP dan MTS Kelas IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
f.         Marsigit. 2011. Matematika 3 untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional
Pertemuan Kedua
Media                          : Power point, LKPD
Alat                             : LCD, Laptop
Sumber Pembelajaran :
a.       Agus, Nuniek Avianti. 2007. Mudah Belajar Matematika 3 untuk SMP dan MTS Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
b.      Djumanta, Wahyudin. 2008. Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
c.       Dris, J. 2011. Matematika 3 untuk SMP dan MTS Kelas IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
d.      Marsigit. 2011. Matematika 3 untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
e.       Masduki dan Ichwan Budi Utomo. 2008. Matematika untuk SMP & MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
f.        Sukino dan Wilson Simangunsong. 2007. Matematika untuk SMP Kelas IX. Jakarta : Erlangga.
g.      Wagiyo, A, dkk. 2008. Pegangan Belajar Matematika untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.


H.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Langkah-Langkah Kegitan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, kemudian mempersilakan siswa untuk berdoa.
2.      Guru menyiapkan kondisi fisik peserta didik (mengatur posisi duduk siswa dan meminta siswa menyiapkan buku teks pelajaran dan alat tulis).
3.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu: menentukan rata- rata dan median dari data tunggal.
5.      Apersepsi :
Guru menuliskan sebuah data kemudian meminta peserta didik mengurutkan,, menjumlahkan, menyebutkan datum yang terbesar dan terkecil.
6.      Motivasi
Guru memotivasi peserta didik dengan kata-kata: Jika anda tidak mau bekerja keras di usia tua anda, maka belajarlah dengan keras di usia muda, sehingga anda bisa bekerja secara cerdas di usia produktif anda.
10 menit
Inti
Fase 1: Orientasi siswa kepada masalah.
1.     Peserta didik memperhatikan masalah yang di tampilkan oleh guru. (mengamati)
2.     Guru bertanya pada peserta didik, “Apa yang kalian ketahui tentang maslah tersebut?”(mengamati, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan)
3.     Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang pengelompokan-pengelompokan data dari berbagia sumber. (mengamati dan mengumpulkan informasi)
4.     peserta didik memperhatikan data yang di tampilkan oleh guru. (Mengamati)
5.     Guru menjelaskan pada peserta didik bahwa data-data tersebut merupakan kumpulan data-data yang menunjukan kumpulan dari sebuah informasi yang ingin diketahui oleh bebrapa orang sehingga dengan melihat data tersebut, orang itu bisa langsung mendapatkan informasi yang di perlukan (mengamati dan mengumpulkan informasi)
6.     Peserta didik diarahkan guru untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru: “ Apakah kalian mengetahui mean, median dari suatu data? Dan bagaimana cara menentukannya?.
Fase 2: Mengorganisasikan siswa untuk belajar.
7.     Guru menjelaskan bahwa untuk menjawab pertaanyaan tersebut maka peserta didik secara berpasangan dengan teman sebangku mengerjakan LKPD yang telah di sediakan oleh guru.
Fase 3: Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok.
8.     Peserta didik secara berpasangan dengan teman sebangkunya mengerjakan LKPD yang diberikan guru dengan bimbingan guru. (mengamati, menanya, menalar, dan mengkomunikasikan)
9.     Sambil membimbing peserta didik, guru meberitahuan kepada siwaa pada bagian ayo kita menalar untuk dikerjakan secara mandiri
Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.
10. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas (membacakan dan menuliskan di papan tulis) dan pasangan peserta didik lain memberi tanggapan berupa kritikan disertai alasan-alasan, masukan, bandingan, atau pemikiran dengan bimbingan guru. (mengamati, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan)
Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
11. Guru memberikan apresiasi kepada setiap kelompok dengan mengajak setiap kelompok bertepuk tangan, kemudian guru meluruskan hal-hal yang kurang benar dan memberikan penjelasan tambahan mengenai masalah yang dibahas dalam LKPD berupa catatan (pada papan tulis). (mengamati, menalar, dan mengumpulkan informasi)
12. Peserta didik diarahkan atau difasilitasi oleh guru agar bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami dari penjelasan guru. (menanya)
13. Guru memberikan penjelasan tambahan apabila ada peserta didik yang bertanya.
14. Peserta didik diberi kesempatan mencatat hal-hal penting yang disampaikan guru dan catatan yang di tulis guru pada papan tulis. (mengamati dan mengumpulkan informasi)
50 menit
Penutup
1.      Peserta didik dengan bimbingan guru membuat simpulan pembelajaran yang telah diperoleh.
2.      Peserta didik mengerjakan soal evaluasi yang diberikan guru
3.      Peserta didik diberikan tindak lanjut berupa tugas rumah  dan ditanya bagaimana perasaannya setelah mengikuti pembelajaran.
4.      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya, modus dan sebaran data.
5.      Guru mempersilakan peserta didik untuk berdoa, kemudian guru mengucapkan salam.
20 menit

Pertemuan Kedua
Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1.    Guru membuka pelajaran dengan memberi salam.
2.    Sebelum memulai pembelajaran peserta didik diajak berdo’a bersama untuk membudayakan nilai-nilai keagamaan.
3.    Guru memeriksa daftar hadir peserta didik dan menanyakan alasan jika ada yang tidak masuk tanpa keterangan untuk menanamkan kedisiplinan. Jika alasannya sakit, peserta didik diajak untuk peduli terhadap teman, yaitu dengan mendo’akannya agar cepat sembuh dan meminta peserta didik yang dekat rumahnya untuk menjenguk.
4.    Guru memberikan pertanyaan pancingan dan permasalahan terkait dengan materi ukuran penyebaran data dan pemusatan data. (apersepsi)
5.    Guru memotivasi peserta didik dengan kata-kata: Jika anda tidak mau bekerja keras di usia tua anda, maka belajarlah dengan keras di usia muda, sehingga anda bisa bekerja secara cerdas di usia produktif anda.
6.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
Tahap 1 Mengorientasi peserta didik pada masalah
1.    Peserta didik melakukan pengamatan terhadap permasalahan yang disajikan oleh guru berkaitan dengan ukuran pemusatan data (modus) tak terkelompok, ukuran pemusatan data (modus) tunggal berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal). (mengamati)
2.    Peserta didik bertanya terkait permasalahan yang disajikan oleh guru. (menanya)
3.    Peserta didik merumuskan hipotesis (dugaan sementara) terkait ukuran pemusatan data (modus) tak terkelompok, ukuran pemusatan data (modus) tunggal berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal).
Tahap 2 Mengorganisasi peserta didik
4.    Peserta didik berkelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang sudah ditentukan.
5.    Peserta didik mengamati permasalahan pada LKPD tentang ukuran pemusatan data (modus) tak terkelompok, ukuran pemusatan data (modus) tunggal berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal). (mengumpulkan data)
Tahap 3 Membimbing penyelidikan individual /kelompok
6.    Peserta didik bekerja sama dalam kelompoknya saat mengisi LKPD (mengumpulkan data)
7.    Peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang ada pada LKPD tentang ukuran pemusatan data (modus) tak terkelompok, ukuran pemusatan data (modus) tunggal berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal). (menalar)
8.    Peserta didik dibimbing oleh guru untuk memancing keaktifan peserta didik agar tidak pasif dalam proses pembelajaran.
Tahap 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
9.    Perwakilan dari setiap kelompok yang ditunjuk oleh guru mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. (mengomunikasikan)
10.              Peserta didik dari kelompok yang lain memberikan  tanggapan/pertanyaan dari presentasi kelompok sebelumnya. (mengkomunikasikan)
Tahap 5  Menganalisis dan mengevaluasi
11.              Peserta didik  dengan  bantuan  guru menarik kesimpulan berdasarkan  hasil pengamatan mereka.
12.              Peserta didik mendengarkan penguatan yang disampaikan oleh guru .
13.              Peserta didik melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami.
60 menit
Penutup
1.    Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai ukuran pemusatan data (modus) tak terkelompok, ukuran pemusatan data (modus) tunggal berbobot dan ukuran penyebaran data( jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan jangkauan semiinterkuartil dari data tunggal).
2.    Siswa mengerjakan evaluasi.
3.    Guru memberikan motivasi pada siswa untuk mempelajari materi pertemuan berikutnya.
4.    Guru memberikan PR soal-soal tentang ukuran penyebaran data dan pemusatan data..
5.    Salam dan doa penutup.
10 menit

I.  PENILAIAN 
Pertemuan Pertama
1.         Sikap Spiritual
Jenis/Teknik Penilaian                         : nontes/Jurnal
Bentuk Instrumen dan Instrumen         : Terlampir
Pedoman Penskoran                          : terlampir
2.      Sikap Sosial
Jenis/Teknik Penilaian                         : nontes/Jurnal
Bentuk Instrumen dan Instrumen         : Terlampir
3.        Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian                         : Tes
Bentuk Instrumen dan Instrumen         : uraian
Pedoman Penskoran                             : terlampir
4.         Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian                         : nontes/Kinerja
Bentuk Instrumen dan Instrumen         : terlampir
Pedoman Penskoran                             : terlampir

Pertemuan Kedua
1.    Sikap Spiritual
Jenis/Teknik Penilaian            : Observasi
Bentuk Instrumen                   : Lembar Observasi
2.    Sikap Sosial
Jenis/Teknik Penilaian            : Observasi dan Teman Sejawat
Bentuk Instrumen                   : Lembar Observasi dan Angket
3.    Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian            : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen                   : Uraian
4.    Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian            : Observasi
Bentuk Instrumen                   : Check list

Tidak ada komentar:

Posting Komentar