Sabtu, 14 Desember 2019


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas/Semester           : XII / 1
Mata Pelajaran            : Matematika-Wajib
Topik                           : Aturan Pencacahan
Waktu                          :

A.    Kompetensi Inti SMK kelas XI:

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
      1.            Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
      2.            Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
      3.            Menunjukkan sikap tanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan perilaku peduli lingkungan
      4.            Mampu mengidentifikasi masalah nyata dan menerapkan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah tersebut.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
      1.            Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi (pertemuan 1 dan 2)
      2.            Menemukan konsep aturan perkalian
      3.            Menjelaskan perbedaan permutasi dan kombinasi
      4.            Terampil menerapkan konsep / prinsip permutasi dan kombinasi dalam penyelesaian masalah

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, peserta didik:
      1.            Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
      2.            Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
      3.            Menunjukkan sikap tanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan perilaku peduli lingkungan
      4.            Terampil menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan 
      5.            Terampil menjabarkan notasi faktorial
      6.            Mampu menjelaskan perbedaan antara permutasi, dan kombinasi untuk menghitung kemungkinan susunan dari suatu kejadian

E.     Materi Pembelajaran
      1.            Aturan perkalian
      2.            Notasi faktorial
      3.            Permutasi
      4.            Kombinasi

F.     Metode Pembelajaran
Metode / strategi pembelajaran           : Pembelajaran Scientific
Model pembelajaran                : Discovery Learning (penemuan), Pembelajaran Berbasis Maslah (PBL)

G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan : ke 1
Alokasi Waktu : 2 jp x 45 menit

Kegiatan
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
10’
Guru menyiapkan mental dan fisik peserta didik (cek kebersihan, kerapian, salam, doa dan cek kehadiran)
Guru mengingatkan kembali tentang perkalian berurutan bilangan asli
Melalui media(papan tulis), guru menjelaskan dengan singkat tujuan pembelajaran/indikator yang akan dicapai
Inti
70’
1.      Siswa diarahkan untuk membaca / mempelajari materi menemukan konsep aturan perkalian yang terdapat pada buku pegangan siswa dengan sikap sungguh – sungguh dan teliti
2.      Siswa diarahkan untuk membaca / mempelajari materi menemukan konsep permutasi yang terdapat pada buku pegangan siswa dengan sikap sungguh – sungguh dan teliti


3.      Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan mengenai aturan pencacahan dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata yang telah dipelajari dari buku pegangan siswa maupun dari sumber lain.
Penutup
10’
Guru bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
Guru memberikan tugas kepada siswa
Guru menutup pertemuan dengan salam

Pertemuan       : ke 2
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Kegiatan
Waktu
Pelaksanaan Pembelajaran
Pendahuluan
10’
1.      Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
2.      Memeriksa kehadiran peserta didik
3.      Memeriksa dan mengumpulkan tugas yang diberikan pada pertemuan ke 1
4.      Melalui media(papan tulis), guru menjelaskan dengan singkat tujuan pembelajaran/indikator yang akan dicapai
5.      Melakukan arpesepsi dengan mereview konsep aturan perkalian dan notasi faktorial
Inti
70’
1.      Siswa diarahkan untuk membaca / mempelajari materi menemukan konsep kombinasi yang terdapat pada buku pegangan siswa dengan sikap sungguh – sungguh dan teliti
2.      Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan mengenai permasalahan kombinasi dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata yang telah dipelajari dari buku pegangan siswa maupun dari sumber lain.
Penutup
10’
Guru bersama siswa membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
Guru memberikan tugas kepada siswa
Guru menutup pertemuan dengan salam

H.    Alat / Media / Sumber Pembelajaran
Alat / Media Pembelajaran
a.       Penggaris, spidol, papan tulis
b.      Lembar aktivitas siswa
Sumber Pembelajaran
a.       Buku matematika siswa kelas XI, kemdikbud, tahun 2013
  1. Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian. Pengarang: Armico. Drs. MK. Alamsyah
  2. Matematika program keahlian Teknologi, kesehatan, dan pertanian untuk SMK dan MAK kelas X. Pengarang : Kasmina, dkk. Erlangga


I.       Penilaian Hasil Belajar

            Penilaian
            Jenis                            : tes
            Bentuk instrumen        : tes tertulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar