RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP operasi bilangan bulat Kurikulum 2013)
(RPP operasi bilangan bulat Kurikulum 2013)
                       
           
Nama Sekolah
           
:   SMP 
                                   
Mata Pelajaran           
:   Matematika
                       
           
Kelas/Semester           
:   7 / 1
                       
                       
Alokasi
waktu            
:   12 x 40 menit
A.   
Kompetensi Inti 
KI-1   Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya 
KI-2 Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata 
KI-4  Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori          
B.     Kompetensi
Dasar dan Indikator
| 
No. | 
Kompetensi Dasar | 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
| 
3.2
  Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan
  memanfaatkan berbagai sifat operasi. | 
3.2.1. Menjelaskan berbagai sifat operasi
  hitung yang melibatkan bilangan bulat . 
3.2.2. Melakukan operasi
  penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.  
3.2.3 Melakukan operasi
  perkalian dan pembagian bilangan bulat | |
| 
4.2
  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan
  pecahan. | 
4.2.1.  Menyelesaikan masalah sehari-hari
  yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan | 
.
C.   
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
- Menjelaskan berbagai sifat operasi hitung yang melibatkan bilangan bulatdengan benar .
- Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat dengan benar.
- Melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan benar
- Menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi dalam kehidupan sehari- hari dengan benar
D.   
Materi
Pembelajaran
Penjumlahan pada Bilangan Bulat
a .  Penjumlahan dengan alat bantu
Dalam menghitung hasil penjumlahan dua bilangan bulat, dapat digunakan
dengan menggunakan garis bilangan. Bilangan yang dijumlahkan digambarkan dengan
anak panah dengan arah sesuai dengan bilangan tersebut.Apabila bilangan
positif, anak panah menunjuk ke arah kanan. Sebaliknya, apabila bilangan
negatif, anak panah menunjuk ke arah kiri
contoh: 6 + (–8) = ...
b. Penjumlahan tanpa alat bantu
Penjumlahan pada bilangan yang bernilai kecil dapat dilakukan dengan bantuan garis bilangan. Namun, untuk bilangan - bilangan yang bernilai besar, hal itu tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, kita harus dapat menjumlahkan bilangan bulat tanpa alat bantu.
1) Kedua bilangan bertanda sama Jika kedua bilangan bertanda sama (keduanya bilangan positif atau keduanya bilangan negatif), jumlahkan kedua bilangan tersebut. Hasilnya berilah tanda sama dengan tanda kedua bilangan.
Contoh:
a) 125+234 = 359
b) –58+(–72) = –(58+72) =–130
2) Kedua bilangan berlawanan tanda
Dapat dilakukan
dengan menggunakan lawan suatu bilangan.
Contoh:
                          a) 
2 + (–7)
          = 2 + (–2) + (–5) = 0 +
(–5)
                                                       = –5
                          b)  
–3 + 9  = –3 + 3 + 6 = 0
+ 6
                                                       
= 6
2 .  Pengurangan pada Bilangan Bulat
a. Pengurangan dengan alat bantu
Contoh:4 – 7 = …
            b. Pengurangan
tanpa alat bantu
Pada pengurangan bilangan bulat, mengurangi dengan suatu bilangan sama artiny adengan menambah dengan lawan pengurangnya. Untuk setiap bilangan bulat a dan b, maka berlaku: 
a – b = a+(–b)
Contoh:
a.      
7–9=7+(–9)=–2
b.     
–8–6=–8+(–6)=–14
c.      
15–(–5)=15+5=20
d.     
–12–(–6)=–12+6=–6
Peserta didik SMP/MTs mempelajari Kompetensi Dasar (KD) ini. KD ini
dipelajari dalam beberapa kali pertemuan. Ada beberapa tahapan kemampuan
berurutan yang harus dilalui peserta didik dalam mempelajari KD ini, yaitu:
1.      Definisi operasi perkalian
2.       Hasil operasi perkalian bilangan bulat
3.      Sifat-sifat operasi perkalian
4.      Sifat-sifat hasil operasi perkalian
5.      Konsep pembagian
 Perkalian Bilangan Bulat
      1.     
Arti
Perkalian
            Perkalian adalah suatu
bentuk penjumlahan berulang.
      Dapat ditulis sebagai: a xb artinya b + b+b +....+ b sebanyak
 suku.
      2.     
Perkalian
Bilangan Bulat
              a.      
Hasil kali
dua bilangan bulat positif adalah positif.
Contoh: 2 x 3 = 6
              b.     
Hasil kali
bilangan bulat positif dan negatif adalah negatif.
Contoh: 2 x
-3 = -6.
              c.      
Hasil kali bilangan
bulat negatif dan positif adalah negatif.
Contoh: -2 x 3 = -6
              d.     
Hasil kali
dua bilangan bulat negatif adalah positif.
      Contoh: -2 x –
3 = 6
Kesimpulan:
Jika a, b, dan c bilangan bulat, maka:
·         ax b  
= ab
·         a x (-b) = (-ab)
·         (-a) x b =
(-ab)
·         (-a) x (-b)
= ab
Jadi, diperoleh:
     Hasil
kali dua bilangan bulat yang bertanda sama selalu positif
+ x + = + dan – x - = +. 
      a.      
Hasil kali
dua bilangan bulat yang berbeda tanda selalu negatif.
+ x - = -  dan – x + = - . 
      1.     
Sifat-sifat
Perkalian Bilangan Bulat
      a.      
Sifat
Tertutup.
      Jika a dan b bilangan
bulat maka a x
b  merupakan bilangan bulat.
b.  Sifat Komutatif (sifat pertukaran).
      Untuk setiap a dan
b bilangan bulat berlaku a x b = b x a.
      c.      
Sifat
Asosiatif (sifat pengelompokan).
      Untuk setiap a, b  dan
c bilangan bulat berlaku (a x b) x c = a x (b x c).
      d.     
Sifat
Distributif perkalian terhadap Penjumlahan (sifat penyebaran).
      Untuk setiap a, b  dan
c bilangan bulat berlaku 
      a x (b + c) = ab + bc
      e.      
Sifat
Distributif perkalian terhadap Pengurangan (sifat penyebaran).
      Untuk setiap a, b  dan 
c bilangan bulat berlaku
      a x (b – c) = ab - bc.
D.  
Kegiatan Pembelajaran
         Pertemuan 1
| 
Kegiatan | 
Deskripsi Kegiatan | 
Alokasi
  Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.      Dimulai dengan berdoa, mengecek
  kehadiran, dan menyiapkan peserta didik  untuk mengikuti pembelajaran. 
Fase1: Memberikan orientasi tentang permasalahannya kepada peserta didik 
2.      Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu
  dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah mengenai prasyaratnya bilangan. Asli (scientific : mengamati, menanya ) 
3.      Guru memberi motivasi
  peserta didik dengan belajar dengan baik untuk masa depan yang lebih baik. 
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai.  
5.        | 
10 menit | 
| 
Inti | 
1.     
  Guru mengajak peserta didik memahami materi ajar dengan bermain di luar
  ruangan (out door)  
2.     
  Membuat rambu-rambu (garis bilanagan sesuai dengan aturan garis bilangan,
  dimana 0 merupakan titik tengahnya dan sebelah kanan 0 postif, sebelah kiri 0
  negatif dengan menggunakan alat peraga yang telah dipersiapkan (tali rafia) (
  scientific :Mengamati, Menanya) 
3.     
  Guru menandai deretan bilangan sampai dengan angka tertentu baik bilangan
  bulat positif maupun negative dengan menggunakan alat peraga yang telah
  disiapkan (bendera kecil berwarna bertuliskan angka) ( scientific
  :Mengamati, Menanya) 
4.     
  Guru menjelaskan dan menanamkan pada peserta didik agar mematuhi, bahwa
  ke kanan adalah positif dan ke kiri adalah negative  
5.     
  Guru mencontohkan system permainan garis bilangan kepada peserta didik  
6.     
  Guru mengajak peserta didik bermain dengan memberikan instruksi melangkah
  sesuai bilangan yang disebutkan a.  4 + 2  b. 7 –3 c.  (-5) +
  1 
Fase 2 : Mengorganisasikan
  peserta didik untuk meneliti 
7.     
  Guru mengajak kembali peserta didik memahami materi ajar di dalam kelas
  (in door) dengan membagikan kertas warna bertuliskan angka-angka pada setiap
  kelompok dan memintanya menempelkan angka-angka tersebut pada garis bilangan
  yang telah dibuat di papan tulis sesui dengan aturan garis bilangan.  
8.     
  Guru kembali memberikan sebuah ilustrasi yang terkait bilangan bulat
  (ramalan cuaca/suhu)  
o   
  suhu kota Jakarta adalah 29   
o   
   suhu kota Beijing adalah 0   
o   
  suhu kota Alaska adalah -25   
( scientific :Mengamati, Menanya) 
9.     
  Guru meminta peserta didik dalam kelompoknya menunjukkan bilangan
  tersebut di dalam garis bilangan dan meminta satu perwakilan peserta didik
  untuk menggambarkan garis bilangan tersebut ke depan kelas 
10.  Guru menjelaskan model matematika yang telah dimainkan dengan materi
  bilangan bulat  
11.  Guru memberikan tugas latihan yang berkaitan dengan bilangan bulat  
12.  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan dan mengerjakan tugas
  latihan yang telah diberikan mengenai bilangan bulat ( scientific
  :Mengamati, Menanya) 
Fase 3: Membantu investigasi mandiri dan
  kelompok 
13.  Guru membantu mengidentifikasikan
  permasalahan jika ada kelompok yang mengalami kesulitan. (scientific: menanya, mengumpulkan data) 
14.  Selama proses diskusi, guru
  berkeliling mengamati peserta didik guna memotivasi peserta didik dan
  membimbing kelompok yang mengalami kesulitan. (scientific:
  mengumpulkan data, menanya) 
15.  Guru memberitahukan kepada peserta
  didik bahwa waktu untuk berdiskusi sudah habis, sehingga mereka harus
  menghentikan semua aktivitas berdiskusi dalam kelompoknya 
Fase 4: Mengembangkan dan mempresentasikan
  artefak dan exhibit 
16.  Peserta didik
  mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka, pemilihan kelompok yang maju
  dilakukan dengan secara acak. (scientific: Mengasosiasi) 
17.  Guru mengawasi jalannya proses presentasi sambil
  melakukan tanya jawab guna mengaktifkan peserta
  didik. 
18.  Guru memberikan pujian pada
  peserta didik yang mampu mengajukan pertanyaan bagus, menjawab pertanyaan dengan
  tepat dan menanggapi permasalahan yang dibahas. 
19.  Guru meminta peserta didik untuk
  kembali ke tempat duduk mereka semula 
Fase 5:Menganalisis dan mengevaluasi
  proses mengatasi masalah 
20.  Guru bersama dengan peserta didik
  membuat penegasan atau kesimpulan tentang solusi untuk menyelesaikan
  permasalahan pada LKPD berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan. (scientific: Mengomunikasi) 
21.  Guru memberikan kesempatan kepada
  peserta didik untuk bertanya jika dirasa masih ada yang kurang dimengerti. (scientific: Menanya, Mengomunikasi) | 
60 menit | 
| 
Penutup | 
1.      Peserta didik dan guru  bersama-sama
  menyimpulkan materi yang baru saja dilaksanakan. (
  scientific : Mengomunikasi) 
2.      Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja
  dilaksanakan untuk koreksi pembelajaran selanjutnya. 
3.      Guru  memberi PR  dan akan dibahas pada
  pertemuan berikutnya. 
4.      Guru  menyampaikan rencana pembelajaran pada
  pertemuan berikutnya. 
5.      Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam
  penutup. | 
10 menit | 
Pertemuan 2
| 
Kegiatan | 
Deskripsi
  Kegiatan | 
Alokasi
  Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.      Dimulai dengan berdoa, mengecek
  kehadiran, dan menyiapkan peserta didik  untuk mengikuti pembelajaran. 
Fase1: Memberikan orientasi
  tentang permasalahannya kepada peserta didik 
2.      Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu
  dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah mengenai prasyaratnya penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (scientific : mengamati, menanya ) 
3.      Guru memberi motivasi
  peserta didik dengan belajar dengan baik untuk masa depan yang lebih baik. 
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai.  | 
15 menit | 
| 
Inti | 
Fase 2 : Mengorganisasikan
  peserta didik untuk meneliti 
1.     
  Guru
  mengelompokkan peserta didik menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok
  terdiri atas 3-4 peserta didik. Guru membagi kelompok secara
  heterogen 
Perkalian bilangan bulat 
2.     
  Guru meminta peserta didik dalam kelompoknya mengumpulkan buku, ditumpuk
  di tiap kelompok masing-masing . 
3.     
  Mengajak peserta didik mengamati dan mencoba menghitung buku tersebut
  dengan materi yang telah mereka dapatkan sebelumnya.  
4.     
  Guru meminta salah satu peserta didik untuk menjelaskan apa hasil dari
  yang mereka hitung.  
5.     
  Guru memberi penjelasan cara menghitung tumpukan buku tersebut dengan
  sistem (sifat perkalian).  
6.     
  Guru memberi materi perkalian tersebut dengan cara menjelaskan sifat
  perkalian. Sebuah lagu di nyanyikan dan diajarkan kepada peserta didik untuk
  menambah pemahaman peserta didik tentang perkalian. 
7.     
  Guru mendesain gambar perkalian dipapan tulis  
8.     
  Mengajak peserta didik mengamati kotak angka di papan tulis.  
9.     
  Guru meminta salah satu peserta didik untuk mengisi serta menjelaskan
  kotak angka di papan tulis tersebut. 
Pembagian bilangan bulat 
10.  Guru meminta peserta didik dalam kelompoknya mengumpulkan buku, ditumpuk
  di tiap kelompok masing-masing 
11.  Guru meminta seorang peserta didik untuk menjelaskan maksud dari
  aktivitas tersebut .  
12.  Guru memberi materi pembagian dengan cara menjelaskan sifat pembagian.
  Sebuah lagu di nyanyikan dan diajarkan kepada peserta didik untuk menambah
  pemahaman peserta didik tentang pembagian 
13.  Guru memberikan contoh soal tentang pembagian. 
14.  Guru memberikan tugas latihan yang berkaitan dengan perkalian dan
  pembagian bilangan bulat  
15.  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan dan mengerjakan tugas
  latihan yang telah diberikan mengenai bilangan bulat ( scientific
  :Mengamati, Menanya) 
Fase 3: Membantu investigasi mandiri dan
  kelompok 
16.  Guru membantu mengidentifikasikan
  permasalahan jika ada kelompok yang mengalami kesulitan. (scientific: menanya, mengumpulkan data) 
17.  Selama proses diskusi, guru berkeliling
  mengamati peserta didik guna memotivasi peserta didik dan membimbing kelompok
  yang mengalami kesulitan. (scientific:
  mengumpulkan data, menanya) 
18.  Guru memberitahukan kepada peserta
  didik bahwa waktu untuk berdiskusi sudah habis, sehingga mereka harus
  menghentikan semua aktivitas berdiskusi dalam kelompoknya 
Fase 4: Mengembangkan dan mempresentasikan
  artefak dan exhibit 
19.  Peserta didik
  mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka, pemilihan kelompok yang maju
  dilakukan dengan secara acak. (scientific: Mengasosiasi) 
20.  Guru mengawasi jalannya proses presentasi sambil
  melakukan tanya jawab guna mengaktifkan peserta
  didik. 
21.  Guru memberikan pujian pada
  peserta didik yang mampu mengajukan pertanyaan bagus, menjawab pertanyaan
  dengan tepat dan menanggapi permasalahan yang dibahas. 
22.  Guru meminta peserta didik untuk
  kembali ke tempat duduk mereka semula 
Fase 5:Menganalisis dan mengevaluasi
  proses mengatasi masalah 
23.  Guru bersama dengan peserta didik
  membuat penegasan atau kesimpulan tentang solusi untuk menyelesaikan soal
  berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan. (scientific: Mengomunikasi) 
24.  Guru memberikan kesempatan kepada
  peserta didik untuk bertanya jika dirasa masih ada yang kurang dimengerti. (scientific: Menanya, Mengomunikasi) | 
75 menit | 
| 
Penutup | 
1.      Peserta didik dan guru  bersama-sama
  menyimpulkan materi yang baru saja dilaksanakan. (
  scientific : Mengomunikasi) 
2.      Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja
  dilaksanakan untuk koreksi pembelajaran selanjutnya. 
3.      Guru  memberi PR  dan akan dibahas pada
  pertemuan berikutnya. 
4.      Guru  menyampaikan rencana pembelajaran pada
  pertemuan berikutnya. 
5.      Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam
  penutup. | 
30 menit | 
Pertemuan 3
| 
Kegiatan | 
Deskripsi
  Kegiatan | 
Alokasi
  Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.      Dimulai dengan berdoa, mengecek
  kehadiran, dan menyiapkan peserta didik  untuk mengikuti pembelajaran. 
Fase1: Memberikan orientasi tentang
  permasalahannya kepada peserta didik 
2.      Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu
  dan berpikir kritis, peserta didik diajak memecahkan masalah mengenai prasyaratnya perkalian dan pembagian bilangan bulat (scientific : mengamati, menanya ) 
3.      Guru memberi motivasi
  peserta didik dengan belajar dengan baik untuk masa depan yang lebih baik. 
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai.  | 
10 menit | 
| 
Inti | 
Fase 2 : Mengorganisasikan
  peserta didik untuk meneliti 
1.     
  Guru
  mengelompokkan peserta didik menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok
  terdiri atas 3-4 peserta didik. Guru membagi kelompok secara
  heterogen 
2.     
  Guru
  meminta peserta didik untuk duduk berkelompok sesuai kelompoknya masing-masing. 
3.     
  Guru
  menjelaskan aturan-aturan yang harus dimengerti dan diterapkan oleh pesera
  didik pada saat diskusi kelompok berlangsung, diantara lain: 
·         Waktu berdiskusi 40 menit 
·         Setiap anggota kelompok harus
  berperan aktif dan bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan yang tersaji
  pada Lembar Kerja Peserta Didik (Lampiran) ( scientific
  :Mengamati, Menanya) 
4.     
  Guru memberikan contoh soal tentang pembagian. 
Fase 3: Membantu investigasi mandiri dan
  kelompok 
5.     
  Guru
  membantu mengidentifikasikan permasalahan jika ada kelompok yang mengalami
  kesulitan. (scientific: menanya, mengumpulkan data) 
6.     
  Selama
  proses diskusi, guru berkeliling mengamati peserta didik guna memotivasi
  peserta didik dan membimbing kelompok yang mengalami kesulitan. (scientific: mengumpulkan data, menanya) 
7.     
  Guru
  memberitahukan kepada peserta didik bahwa waktu untuk berdiskusi sudah habis,
  sehingga mereka harus menghentikan semua aktivitas berdiskusi dalam
  kelompoknya 
Fase 4: Mengembangkan dan mempresentasikan
  artefak dan exhibit 
8.     
  Peserta didik
  mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka, pemilihan kelompok yang maju
  dilakukan dengan secara acak. (scientific: Mengasosiasi) 
9.     
  Guru
  mengawasi jalannya proses presentasi sambil melakukan tanya jawab guna
  mengaktifkan peserta didik. 
10.  Guru memberikan pujian pada
  peserta didik yang mampu mengajukan pertanyaan bagus, menjawab pertanyaan
  dengan tepat dan menanggapi permasalahan yang dibahas. 
11.  Guru meminta peserta didik untuk
  kembali ke tempat duduk mereka semula 
Fase 5:Menganalisis dan mengevaluasi
  proses mengatasi masalah 
12.  Guru bersama dengan peserta didik
  membuat penegasan atau kesimpulan tentang solusi untuk menyelesaikan soal
  berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan. (scientific: Mengomunikasi) 
13.  Guru memberikan kesempatan kepada
  peserta didik untuk bertanya jika dirasa masih ada yang kurang dimengerti. (scientific: Menanya, Mengomunikasi) | 
60 menit | 
| 
Penutup | 
1.      Peserta didik dan guru  bersama-sama menyimpulkan
  materi yang baru saja dilaksanakan. ( scientific : Mengomunikasi) 
2.      Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja
  dilaksanakan untuk koreksi pembelajaran selanjutnya. 
3.      Guru  memberi PR  dan akan dibahas pada
  pertemuan berikutnya. 
4.      Guru  menyampaikan rencana pembelajaran pada
  pertemuan berikutnya. 
5.      Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam
  penutup. | 
10 menit | 
Pertemuan 4
| 
Kegiatan | 
Deskripsi
  Kegiatan | 
Alokasi
  Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.      Guru memberi
  salam dan mengajak peserta didik berdoa; 
2.      Guru
  menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik serta berdoa;  
3.      Peserta didik
  mendengarkan dan menanggapi cerita guru tentang Faktor
  Bilangan Bulat dalam kehidupan sehari-hari; 
4.      Guru
  mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
  dicapai peserta didik; 
5.      Guru
  menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh
  (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu
  dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, latihan
  berpasangan, pembahasan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)  
6.      Guru mengecek
  kemampuan prasyarat peserta didik dengan tanya jawab | 
20 menit | 
| 
Inti | 
1.    Peserta didik
  mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa
  sehari-hari yang berhubungan dengan Faktor Bilangan Bulat. 
2.    Peserta didik
  menganalisis, menalar,  mencoba dan menyimpulkan beberapa contoh
  bilangan bulat yang habis dibagi bilangan bulat, faktor-faktor bilangan
  bulat, dan kelipatan bilangan bulat; 
3.    Secara
  individu peserta didik menyelesaikan tugas Latihan tentang menentukan
  FPB dan KPK; 
4.    Beberapa
  peserta didik melaporkan hasil penyelesaian. Peserta didik tersebut dipilih
  secara acak; 
5.    Peserta
  didik dan Guru membahas hasil penyelesaian . Guru memberi Umpan Balik; 
6.    Secara
  individu peserta didik menyelesaikan tugas latihan tentang menentukan FPB dan
  KPK bilangan bulat; 
7.    Guru bersama dengan peserta didik membuat penegasan
  atau kesimpulan tentang solusi untuk menyelesaikan soal berdasarkan hasil diskusi yang sudah dilakukan. (scientific: Mengomunikasi) 
8.    Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
  untuk bertanya jika dirasa masih ada yang kurang dimengerti. (scientific: Menanya, Mengomunikasi) | 
75 menit | 
| 
Penutup | 
1.      Peserta didik dan
  guru  bersama-sama menyimpulkan materi yang baru saja dilaksanakan 
2.      Guru merefleksi pembelajaran yang
  baru saja dilaksanakan untuk koreksi pembelajaran selanjutnya. 
3.      Guru  memberi PR  dan
  akan dibahas pada pertemuan berikutnya. 
4.      Guru  menyampaikan rencana
  pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 
5.      Guru menutup pelajaran dan
  mengucapkan salam penutup. | 
25 menit | 
Pertemuan 5
Peserta didik mengerjakan soal
soal latihan di buku peserta didik kelas VII kurikulum 2013 halaman 34 – 37 (2x40 menit).
E.      
Penilaian
1.      Pengetahuan
                                  
a.           
Teknik
Penilaian: Tes Tertulis dalam LKPD
                                  
b.           
Bentuk
Instrumen:  Uraian
                                  
c.           
Kisi kisi
Instrumen Test: lampiran 1
2.         Keterampilan
a.        
Teknik
Penilaian:Observasi
b.      Bentuk Instrumen: Check list
                        c.        
Kisi-kisi:
| 
No. | 
Keterampilan | 
Butir Instrumen | 
| 
Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD. | 
1-4 | 
Instrumen: lihat Lampiran 2
F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran 
1.   Media
1.      Papan tulis
2.      Microsoft Power point
3.      LKPD
2.   Alat
1.      Kapur
2.      Spidol
3.      LCD
4.      Layar Proyektor
3.   Sumber pembelajaran
1.    Buku Peserta didik kelas VII Kurikulum 2013
2.    Buku  Guru kelas VII Kurikulum 2013               
OPERASI BILNGAN BULAT 
PENILAIAN
PENGETAHUAN
a.           
Teknik Penilaian: Tes Tertulis dalam LKPD
b.           
Bentuk Instrumen:  Uraian
c.           
KISI-SISI
| 
NO. URUT | 
MATERI | 
KOMPETENSI YANG DIUJI | 
INDIKATOR | 
NO. SOAL | 
BENTUK SOAL | 
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | 
6 | 
| 
2 | 
Operasi
  bilngan bulat | 
3.2
  Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan
  memanfaatkan berbagai sifat operasi. | 
3.2.2. Melakukan operasi
  penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.  
3.2.3 Melakukan operasi
  perkalian dan pembagian bilangan bulat | 
1,2 quis 1 
1,2 quis 2 | 
Uraian 
Uraian | 
Instrumen Soal: 
1.    Hitunglah!
a. –9 + 2 + (–8) =
b. –4 + (–11) + 24 = 
c. –21 + 5 – (–4) = 
d. – 7 – (–3) – 6 =
3.     
Pak Manuputi adalah
seorang peternak ayam potong dan ayam kampung. Ia memelihara 650 ekor ayam potong dan 135
ekor ayam kampung. Akibat terjangkit
flu burung, dalam minggu yang sama terdapat
65 ayam potong dan 45 ayam kampung yang mati. Berapa
selisih banyak ayam potong dan ayam kampung yang masih hidup?
Kunci
Jawaban dan Rubrik Penskoran
1.a. –9 + 2 + (–8)     =  –7 + (–8)
                                   
= –15   ……………..(skor 10)
   b. –4 + (–11) + 24 = –15 + 24
                                
   = 9    ……………..(skor
10)
   c. –21 + 5 – (–4) = –16 + 4
                                   
= –12     ……………..(skor
10)
   d. – 7 – (–3) – 6   
= –7 + 3 –6
                                   
= –10     ……………..(skor
10)
2.Banyak
ayam potong yang masih hidup         =
650 – 65
                                                                           
= 585 ekor    ……………..(skor 20)
Banyak ayam
kampung yang masih hidup         = 135 – 45
                                                                           
= 90 ekor      ……………..(skor 20)
Selisih Banyak
ayam potong dan ayam kampung yang hidup
                              
= 585 – 90
                                                                           
= 495 ekor    ……..(skor 20)
SKOR MAKSIMAL = 100
NILAI = SKOR MAKSIMAL


 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar