RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/Satu
Alokasi Waktu : 2
x 40 menit
Materi
Pokok : Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
A.
Kompetensi Inti
1.
Kompetensi
Inti 1 :
Menghayati
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Kompetensi
Inti 2 :
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Kompetensi
Inti 3 :
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
B. Kompetensi Dasar:
1.1. Menghayati
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.2. Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik,
konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, tidak menyerah dalam
memecahkan masalah.
1.3. Memahami sifat-sifat
bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan.
1.4. Memahami
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa
mampu:
1.1.1.
Menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1.2.
Menunjukkan
sikap logis dalam membuktikan sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar.
1.1.3.
Menunjukkan
sikap kritis dalam menemukan sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar.
1.1.4.
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam
kelompok belajarnya.
1.1.5.
Mengidentifikasi sifat-sifat
bilangan berpangkat.
1.1.6.
Mengidentifikasi sifat-sifat
bentuk akar.
1.1.7.
Memecahkan suatu masalah
yang berhubungan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Menghayati
ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menunjukkan sikap logis dalam membuktikan sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar.
3.
Menunjukkan
sikap kritis dalam menemukan sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar.
4.
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam
kelompok belajarnya.
5.
Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat.
6.
Mengidentifikasi sifat-sifat bentuk akar.
7.
Memecahkan suatu masalah
yang berhubungan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar.
E. Materi
Ajar
Siswa SMP/MTs mempelajari Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar untuk pertama kali adalah
pada Kompetensi Dasar (KD) ini. KD ini dipelajari dalam sekali pertemuan. Ada
beberapa tahapan kemampuan berurutan yang harus dilalui siswa dalam mempelajari
KD ini, yaitu:
1. Menentukan sifat-sifat
bilangan berpangkat dan bentuk akar.
2. Menyelesaikan operasi
aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat dan bentuk akar.
3. Memecahkan masalah
sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar.
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan scientific, pendekatan
kontekstual, pembelajaran kooperatif.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam dan mengajak
siswa berdoa.
2.
Guru menanyakan kabar dan
mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru mengkomunikasikan tujuan
belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa.
4.
Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan disertai
tanya jawab, latihan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, presentasi hasil latihan).
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
1.
Siswa mengamati gambar yang
berkaitan dengan bilangan berpangkat yang ditampilkan oleh guru. (lampiran
3: lembar kegiatan 1).
Apersepsi
2.
Memberikan materi tentang
bilangan berpangkat dan bentuk akar.
Mengeksplorasi
3.
Siswa
berdiskusi secara berkelompok untuk menemukan
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar pada (lampiran 3: lembar
kegiatan 2).
4.
Anggota kelompok saling memeriksa, mengoreksi dan
memberikan masukan.
Menanya
5.
Guru
mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dari pengamatan sifat-sifat
bilangan berangkat yang dilakukan.
Mengasosiasi
6.
Siswa
menyimpulkan hasil pekerjaannya dalam (lampiran 4: lembar kegiatan 2).
7.
Siswa
dapat menyelesaikan permasalahan terkait dengan sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar dalam soal (lampiran 4: lembar kegiatan 2).
Mengkomunikasikan
8.
Salah
satu anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan
kelas.
9.
Siswa dan guru menanggapi hasil presentasi meliputi tanya jawab
untuk mengkonfirmasi, melengkapi informasi atau memberi penguatan atas suatu
pendapat.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan
bimbingan guru merangkum isi
pembelajaran yaitu bilangan berpangkat dan bentuk akar.
2.
Guru
mereview pengetahuan yang didapat siswa selama pembelajaran.
3.
Siswa
diminta untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks
pencapaian kompetensi melalui instrumen penilaian diri pada lampiran 5.
4.
Guru
memberikan penghargaan kepada beberapa siswa yang cekatan berkaitan dengan
pengetahuan yang didapat siswa.
5.
Guru memberi pekerjaan rumah.
6.
Guru
mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
H.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1.
Alat/Media
Pembelajaran : Gambar-gambar, Lembar Kerja Siswa.
2.
Sumber
Belajar : Buku Matematika SMP/MTs Kelas IX.
I. Penilaian Hasil Belajar
1.
Penilaian
sikap
a. Teknik
Penilaian : Non Tes
b. Bentuk
Instrumen : Observasi
2.
Penilaian
pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Non Tes
b. Bentuk
Instrumen : Observasi
3.
Penilaian
keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Non Tes
b.
Bentuk
Instrumen : Observasi
Mengetahui, Ambon,
Kepala
SMP Wisuda Karya Guru Mata Pelajaran,
……………………….. ………………………
Rubrik penilaian pengetahuan
Soal nomor1 :
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
RUBRIK PENILAIAN
|
SKOR
|
1
|
Proses perhitungan
|
Proses dan jawaban benar
|
20
|
Proses benar jawaban salah
|
10
|
||
Proses dan jawaban salah
|
0
|
||
Skor maksimal =
|
20
|
||
Skor minimal =
|
0
|
Soal Nomor 2:
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
RUBRIK PENILAIAN
|
SKOR
|
2.
|
Proses perhitungan
|
Proses dan jawaban benar
|
20
|
Proses benar jawaban salah
|
10
|
||
Proses dan jawaban salah
|
0
|
||
Skor maksimal =
|
20
|
||
Skor minimal =
|
0
|
Soal nomor 3
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
RUBRIK PENILAIAN
|
SKOR
|
3.
|
Proses perhitungan
|
Proses dan jawaban benar
|
20
|
Proses benar jawaban salah
|
10
|
||
Proses dan jawaban salah
|
0
|
||
Skor maksimal =
|
20
|
||
Skor minimal =
|
0
|
Soal
nomor 4
NO
|
ASPEK
|
RUBRIK PENILAIAN
|
SKOR
|
4a.
|
proses perhitungan
|
Proses dan jawaban benar
|
10
|
Proses benar jawaban salah
|
5
|
||
Proses dan jawaban salah
|
0
|
||
4b.
|
proses perhitungan
|
Proses dan jawaban benar
|
10
|
Proses benar jawaban salah
|
5
|
||
Proses dan jawaban salah
|
0
|
||
Skor maksimal =
|
10
|
||
Skor minimal =
|
0
|
Soal
nomor 5
NO
|
ASPEK
|
RUBRIK PENILAIAN
|
SKOR
|
5a.
|
proses perhitungan
|
Proses dan jawaban benar
|
10
|
Proses benar jawaban salah
|
5
|
||
Proses dan jawaban salah
|
0
|
||
5b.
|
proses perhitungan
|
Proses dan jawaban benar
|
10
|
Proses benar jawaban salah
|
5
|
||
Proses dan jawaban salah
|
0
|
||
Skor maksimal =
|
10
|
||
Skor minimal =
|
0
|
Lampiran
1: lembar
pengamatan sikap
LEMBAR
OBSERVASI
PERKEMBANGAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Indikator sikap logis
dalam membuktikan sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar.
1. Sangat
baik jika menunjukkan sikap logis dalam menyelesaikan tugas kelompok dengan
jawaban yang lebih bervariasi dan tepat
2. Baik
jika sudah menunjukkan sikap logis dalam menyelesaikan permasalahan terkait
tugas kelompok
3. Kurang
baik jika belum menunjukkan sikap logis dalam menyelesaikan permasalahan
terkait tugas kelompok
Indikator sikap
kritis sikap kritis dalam menemukan sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar.
1.
Sangat baik jika menunjukkan sikap
kritis dalam menyelesaikan tugas
kelompok dengan jawaban yang lebih bervariasi dan tepat
2.
Baik jika sudah menunjukkan sikap kritis
dalam menyelesaikan tugas kelompok
3.
Kurang baik jika belum menunjukkan sikap
kritis dalam menyelesaikan tugas
kelompok
Indikator sikap bertanggung jawab dalam kelompok
belajarnya.
1. Sangat
baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelmpok
secara terus menerus dan konsisten
2. Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelmpok
cenderung konsisten tetapi belum terus menerus
3. Kurang
baik jika menunjukkan tidak ada usaha sama sekali ambil bagian dalam
melaksanakan tugas kelompok.
Bubuhkan
tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
||||||||
Logis
|
Kritis
|
tanggung jawab
|
||||||||
SB
|
B
|
KB
|
SB
|
B
|
KB
|
SB
|
B
|
KB
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
Keterangan:
SB : 4
B
: 3
KB : 2
Kriteria:
A = Total skor 10-12
B = Total skor 7-9
C = Total skor 4-6
D = Total
skor 1-3
Lampiran
2: instrumen
tes tertulis
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Nama Siswa :
Kelas :
Tanggal :
Petunjuk
:
1.
Berdoalah
sebelum mengerjakan.
2.
Jawablah
pada lembar jawaban yang disediakan.
3.
Selesaikan dengan teliti soal berikut dengan
singkat dan jelas.
SOAL
1. Diameter Venus adalah 1,218
x 104 km, diameter Bumi 1,276 x 104 km, dan diameter Mars
adalah 6,76 x 103 km. Urutkan planet- planet tersebut dari urutan
terbesar ke urutan terkecil berdasarkan
diameternya.
2. Suatu alat listrik mempunyai
hambatan 2 × 102 ohm dialiri arus 3 × 102 ampere selama 2
menit. Berapa joule besarnya energi listrik yang digunakan?
(W= I2 R t)
3. Bakteri
E.coli memiliki lebar 10−3 milimeter. Jarum pentul
memiliki diameter 1 milimeter. Berapa banyak bakteri E.coli yang dapat
mengisi diameter jarum tersebut?
4. Ubahlah dalam pangkat negatif.
a.
b.
5. Sederhanakan bentuk akar berikut:
a.
b.
Lampiran
3: Instrumen Penilaian Keterampilan
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN
no
|
nama siswa
|
Terampil
Menerapkan sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Terampil
dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan
bentuk akar
|
total skor
|
Kriteria penilaian
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
||||||||||||
2
|
||||||||||||
3
|
||||||||||||
dst
|
Keterangan
skor
Sangat
baik = 4
Baik
= 3
Cukup = 2
Kurang
baik = 1
Kriteria:
A = Total
skor 7-8
B = Total
skor 5-6
C = Total
skor 3-4
D = Total skor 1-2
Lampiran 4: lembar kegiatan
1
Foto (1) Pembelahan Bakteri
Foto (2)
segitiga bintang.
Lampiran 5: lembar
kegiatan 2
Kerjakan soal-soal
berikut!
1.
Jabarkanlah
soal berikut untuk menemukan sifat-sifat bilangan berpangkat.
a) 156
x 153
b) 258:
255
c) (172)5
d) (9x4)5
e) (30:10)6
f) 244:244
g) 107-12
Lampiran 6: instrumen
penilaian diri
INSTRUMEN
PENILAIAN DIRI
Nama/Kelas :
Tanggal :
Topik :
No
|
Pernyataan
|
Alternatif
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
saya
bersyukur atas kesempatan yang diberikan tuhan dalam mempelajari bilangan
berpangkat dan bentuk akar sehingga saya dapat mengetahui kegunaan
matematika dalam kehidupan sehari-hari
|
||
2
|
saya
bersyukur atas kesempatan berlatih untuk bertanggung jawab menyelesaikan
tugas melalui belajar bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
||
3
|
saya telah
memahami tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
||
4
|
saya
optimis dapat memperbaiki pemahaman saya terhadap hal-hal yang belum saya
pahami sepenuhnya dalam belajar tentang bilangan berpangkat dan bentuk
akar
|
||
5
|
saya akan
belajar keras untuk mempelajari lebih lanjut terkait bilangan berpangkat
dan bentuk akar dan saya yakin akan bisa memahaminya
|
||
6
|
saya telah
berperan aktif dalam kegiatan belajar tentang bilangan berpangkat dan
bentuk akar
|
||
7
|
saya akan
berperan lebih banyak selama belajar matematika dalam kelompok pada hari-hari
yang akan datang dan saya yakin hal itu bisa saya lakukan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar