SILABUS
Matematika Wajib
Satuan
Pendidikan : …
Kelas : XI (sebelas)
Kompetensi
Inti :
Kompetensi Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
3. Memahami,
menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Menjelaskan
metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,
keterbagian dengan induksi matematika
|
Induksi Matematika
· Metode pembuktian
langsung dan tidak langsung
· Kontradiksi
· Induksi Matematis
|
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta pada metode pembuktian langsung, tidak langsung,
kontradiksi, dan induksi matematika
· Mengumpulkan dan
mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menguji kesahihan pernyataan matematis dengan metode pembuktian langsung,
tidak langsung, kontradiksi, dan induksi matematis
· Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan induksi matematika
· Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan induksi matematika
|
4.1 Menggunakan
metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis
berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagian
|
||
3. 2 Menjelaskan
program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan
masalah kontekstual
|
Program Linear
Dua Variabel
· Pengertian Program
Linear Dua Variabel
· Sistem Pertidaksamaan
Linier Dua Variabel
· Nilai Optimum Fungsi
Objektif
· Penerapan Program
Liniear Dua Variabel
|
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta padaprogram
linear dua variabel dan metode penyelesaian masalah kontekstual
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untukmenyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua
variabel
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan program
linear dua variabel
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan program linear dua variabel
|
4.2 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
|
||
3.3 Menjelaskan
matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan
melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan,
perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose
|
Matriks
· Pengertian Matriks
· Operasi Matriks
· Determinan dan invers
matriks berordo 2×2 dan 3×3
· Pemakaian Matriks
pada Transformasi Geometri
|
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta pada matriks, dan kesamaan matriks dengan masalah
kontekstual
· Mengumpulkan dan
mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
melakukan operasi pada matriks.
· Mengumpulkan dan
mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan
operasinya
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta pada sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
· Mengumpulkan dan
mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks
determinan dan invers matriks berordo
2×2 dan 3×3
· Mengamati dan
mengidentifikasi fakta pada sifat-sifat transformasi geometri dengan
menggunakan matriks
· Mengumpulkan dan
mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penggunaan matriks pada
transformasi geometri
· Menyajikan masalah
yang berkaitan dengan matriks
|
4.3 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya
|
||
3.4 Menganalisis
sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3
|
||
4.4 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan
3×3
|
||
3.5 Menganalisis
dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan
matriks
|
||
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi,
refleksi, dilatasi dan rotasi)
|
||
3.6 Menggeneralisasi
pola bilangan dan jumlah pada barisan Aritmetika dan Geometri
|
Barisan dan Deret
· Pola Bilangan
· Barisan dan Deret
Aritmatika
· Barisan dan Deret
Geometri
|
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada barisan
berdasarkan pola iteratif dan rekursif
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyajikan dan menyelesaikan
masalah kontekstual (termasuk
pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas) dengan pola
barisan aritmetika atau geometri
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan
dan deret aritmetika dan geometri
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan barisan dan deret artimetika dan geometri
|
4.6 Menggunakan
pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan
masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan
anuitas)
|
||
3.7 Menjelaskan
limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan
sifat-sifatnya, serta menentukan eksistensinya
|
Limit Fungsi
Aljabar
· Konsep limit fungsi
aljabar
· Sifat-sifat limit
fungsi aljabar
· Menentukan nilai
limit fungsi aljabar
|
· Menenyakan tentang
bagaimana mengaitkan ukuran mobil dengan jarak dan kemudian menyuruh siswa
untuk mengamati permasalahan
· Memberi scaffolding
dengan mengingatkan kembali
· Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pengertian limit di depan kelas. Sementara kelompok
lainnya menanggapi dan menyempurnakannnya.
· Peserta didorong untuk
bertanya mengenai sifat-sifat limit fungsi aljabar.
· Masing-masing
kelompok diminta mendiskusikan contoh, kemudian salah satu anggota kelompok
diminta untuk menjelaskan
sifat-1, dan kelompok
lain diberi kesempatan untuk menanggapi
· Peserta didik didorong
untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami, dan
masing-masing siswa diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar
|
||
3.8 Menjelaskan
sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar
menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
|
Turunan Fungsi
Aljabar
· Pengertian Turunan
· Sifat-Sifat Turunan
Fungsi Aljabar
· Penerapan Turunan
Fungsi Aljabar
· Nilai-Nilai Stasioner
· Fungsi Naik dan
Fungsi Turun
· Persamaan Garis
Singgung dan Garis Normal
|
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada
sifat-sifat turunan fungsi aljabar.
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menentukan turunan fungsi
aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada turunan
pertama fungsi yang terkait dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang
kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan titik maksimum, titik minimum, dan selang
kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis
singgung, dan garis normal kurva dengan memakai turunan pertama
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan turunan fungsi aljabar
|
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
|
||
3.9 Menganalisis
keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum,
dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
|
||
4.9 Menggunakan
turunan pertama fungsi untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan
selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan
garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual
|
||
3.10 Mendeskripsikan
integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar dan menganalisis
sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi
|
Integral Tak
Tentu Fungsi Aljabar
· Pengertian Integral
Tak Tentu Fungsi Aljabar
· Sifat-Sifat Integral
Tak Tentu Fungsi Aljabar
· Penerapan Integral
Tak Tentu Fungsi Aljabar
|
· Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada integral
tak tentufungsi aljabar dan sifat-sifatnya
· Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah dengan
integral tak tentu fungsi aljabar
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan integral tak tentu fungsi aljabar
|
4.10 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi
aljabar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar