RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 5 AMBON
Mata
Pelajaran : MATEMATIKA
Topik : PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DUA MATRIKS
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1
Alokasi
Waktu : 30 MENIT
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (factual, konsptual, dan
procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dalam ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
A. Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan
Matriks Dan Melakukan Operasi Matriks Meliputi Penjumlahan Dan Pengurangan
Matriks.
B. Indikator
1.
Melakukan Operasi Matriks Meliputi
Penjumlahan Dan Pengurangan Matriks.
c.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.
Menyelesaikan Operasi Matriks Meliputi Penjumlahan Dan
Pengurangan Matriks.
d.
Materi
Pembelajaran
Penjumlahan
Matriks
E.
Model dan Metode Pembelajaran
Model pembelajaran : 1. Cooperatif Learning
Metode
: 1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Pemberian Tugas
F.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
NO
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Alur
Waktu
|
Sintaks
|
|
1
|
Kegiatan awal :
|
5 menit
|
Fase 1
:
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
|
|
Aktivitas guru
|
Aktivitas siswa
|
|||
a. Orientasi
Guru mengucapkan salam.
b. Motivasi
Guru memberikan
motivasi sederhana untuk menarik perhatian siswa. Berupa saling menyemangati
bergantian dengan teman-teman di sekitar sambil berkata “semangat belajar “
c. Apersepsi
Guru menanyakan kepada siswa materi
sebelumnya.
d. Menyampaikan tujuan.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
a.
Orientasi
Siswa memberi salam dan menyapa. guru.
b.
Motivasi
Siswa mendengarkan dan melakukan arahan dari
guru.
c.
Apersepsi
Siswa mencoba mengingat materi sebelumnya.
d.
Menyampaikan
tujuan
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran
yang di sampaikan guru
|
|||
2
|
Kegiatan inti :
|
15 menit
|
||
a. Mengamati
·
Guru
membagikan Modul,
tentang materi “penjumlahan dan pengurangan matriks” kepada siswa.
b. Menanya
·
Guru
menanyakan apa saja yang kalian ketahui tentang syarat penjumlahan dan pengurangan matriks
c. Mencoba
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan kendala dalam Modul.
d. Mengasosiasi
· Guru meminta siswa berdiskusi dengan teman kelompok masing-masing untuk
menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam Modul.
e. Mengkomunikasikan
·
Guru
menilai kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan hasil kerja kelompok.
|
a. Mengamati
·
Peserta didik mengamati Modul yang
diberikan guru
b. Menanya
·
Siswa menjawab pertanyaan dari guru mengenai syarat Penjumlahan dan pengurangan
Matriks
c. Mencoba
·
Siswa mencoba untuk menemukan kendala dalam Modul yang diberikan.
d. Mengasosiasi
·
Siswa berdiskusi dengan teman
kelompok masing masing untuk menyelesaikan soal di dalam modul.
e. Mengkomunikasikan
·
Perwakilan
dari siswa menyampaikan
hasil kerja sesuai
dengan materi.
|
Fase 2:
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Fase 3:
Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok
kelompok belajar.
Fase 4 :
Membimbing kelompok
belajar dan bekerja.
Fase 5 :
Evaluasi
Fase 6 :
Memberikan penghargaan
atau apresiasi
|
||
3
|
Kegiatan
akhir :
|
10 menit
|
||
a. Kesimpulan
Guru bersama siswa memberikan kesimpulan dari materi yang dipelajari .
b. Refleksi
Guru memberi reward pada siswa yang mampu menyelesaikan
soal dengan baik.
c. Evaluasi
Guru mengumpulkan hasil kerja siswa sebagai bahan
portofolio
d. Usaha dan tindak lanjut
Guru memberikan siswa tugas mandiri dan dari hasil
pembelajaran bagi siswa yang memperoleh nilai kurang dari kkm dan pengayaan
bagi siswa yang memperoleh nilai diatas kkm.
|
a. Kesimpulan
Siswa memberikan kesimpulan dari materi
yang dipelajari.
b. Refleksi
Siswa yang mampu mengerjakan soal diberikan reward.
c. Evaluasi
Siswa mengumpulkan hasil kerja mereka sebagai bahan portofolio
d. Usaha dan tindak lanjut
siswa yang memperoleh nilai kurang
dari kkm melakukan remidi dan pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai diatas kkm.
|
G.
Media
Pembelajaran
1. Power
point.
2. Modul.
H.
Penilaian
1.
Penilaian proses kegiatan belajar mengajar
·
Lembar Penilaian Afektif
·
Lembar Penilaian Psikomotor
2.
Penilaian Hasil Kerja Mandiri Siswa
3.
Evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar