SILABUS
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VII
Alokasi Waktu : 5 Jam Pelajaran/Minggu
Kompetensi Inti (KI) :
KI-1 (Spiritual) :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 (Sosial) :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 (Pengetahuan) :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 (Keterampilan) :
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Sikap
Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching), pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Menjelaskan dan
menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, persen)
3.2 Menjelaskan dan
melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan
berbagai sifat operasi
3.3 Menjelaskan dan
menentukan representasi bilangan bulat besar sebagai bilangan berpangkat
bulat positif
4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, persen)
4.2 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
4.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat besar sebagai bilangan
berpangkat bulat positif
|
Bilangan Bulat
dan Pecahan
-
Membandingkan bilangan bulat dan
pecahan
-
Mengurutkan bilangan bulat dan
pecahan
-
Operasi dan sifat-sifat operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan
-
Mengubah bentuk bilangan pecahan
-
Menyatakan bilangan dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat positif
-
Kelipatan persekutuan terkecil
(KPK)
-
Faktor persekutuan terbesar (FPB)
|
-
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat, Misal: zona
pembagian waktu berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time), hasil pengukuran
suhu dengan termometer, kedalaman di bawah permukaan laut, ketinggian gedung,
pohon atau daratan
-
Mencermati urutan bilangan,
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat, kelipatan persekutuan dan faktor
persekutuan serta penerapannya
-
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan pecahan. Misal:
pembagian potongan kue, potongan buah, potongan gambar, potongan selembar
kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan sebagainya
-
Mengumpulkan informasi tentang
KPK dan FPB serta dua teknik menemukannya (pohon faktor dan pembagian
bersusun)
-
Mengumpulkan informasi tentang
bagaimana menyatakan bilangan dalam bentuk pangkat bulat
-
Mengumpulkan informasi tentang
sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan
pembagian pada bilangan bulat dan pecahan
-
Menyajikan secara tertulis atau
lisan hasil pembelajaran tentang perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan
dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi
bilangan pecahan, dan bilangan rasional
-
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat, perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan
bulat, perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan,
dan bilangan rasional
|
3.4 Menjelaskan dan
menyatakan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong,
komplemen himpunan, menggunakan masalah kontekstual
3.5 Menjelaskan dan
melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
4.4 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan
4.5 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan
|
Himpunan
-
Menyatakan himpunan
-
Himpunan bagian, kosong, semesta
-
Hubungan antar himpunan
-
Operasi pada himpunan
-
Komplemen himpunan
|
-
Mengamati penggunaan himpunan
dalam kehidupan sehari-hari. Misal: kumpulan hewan, tumbuhan,
buah- buahan, kendaraan bermotor, alat tulis, suku-suku yang ada di
Indonesia.
-
Mencermati permasalahan yang
berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, anggota
himpunan, himpunan kuasa, kesamaan dua himpunan, irisan antar himpunan,
gabungan antar himpunan, komplemen himpunan, selisih, dan sifat-sifat operasi
himpunan
-
Mengumpulkan informasi mengenai
sifat identitas, sifat komutatif, sifat asosiatif, dan sifat distributif pada
himpunan
-
Menyajikan hasil pembelajaran
tentang himpunan dan sifat-sifat operasi himpunan
-
Memecahkan masalah yang terkait
dengan himpunan dan sifat-sifatnya
|
3.6 Menjelaskan
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah kontekstual
3.7 Menjelaskan dan
melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian)
4.6 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
4.7 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi pada bentuk aljabar
|
Bentuk
Aljabar
-
Menjelaskan koefesien,
variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar
-
Operasi hitung bentuk aljabar
-
Penyederhanaan bentuk aljabar
|
-
Mencermati masalah sehari-
hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar
-
Mencermati bentuk aljabar dari
berbagai model bentuk, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang
disajikan, cara menyederhanakan bentuk aljabar
-
Menyajikan hasil pembelajaran
tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan penyederhanaan bentuk
aljabar
-
Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta penyederhanaan bentuk
aljabar
|
3.8 Menjelaskan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel
|
Persamaan
dan Pertidaksamaan Linear satu Variabel
-
Pernyataan
-
Kalimat terbuka
-
Penyelesaian persamaan linear
satu variabel dan pertidaksamaan linear satu variable
|
-
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel. Misal:
panas benda dengan ukuran panjang, kecepatan dan jarak tempuh
-
Mengumpulkan informasi
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel melalui
manipulasi aljabar untuk menentukan bentuk paling sederhana
-
Menyajikan hasil pembelajaran
tentang persamaan linear satu variabel, bentuk setara persamaan linear satu
variabel, dan konsep pertidaksamaan
-
Memecahkan masalah tentang
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable
|
3.9 Menjelaskan rasio
dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
3.10 Menganalisis
perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data,
grafik, dan persamaan
4.9 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
4.10 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
Perbandingan
-
Membandingan dua besaran
-
Perbandingan senilai
-
Perbandingan berbalik nilai
|
-
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep rasio atau perbandingan.
Misal: peta, denah, maket, foto, komposisi bahan makanan pada resep, campuran
minuman, dan komposisi obat pada resep obat
-
Mengumpulkan informasi tentang
model matematika dari konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara
suatu besaran dengan besaran lain berbentuk perbandingan senilai,
perbandingan berbalik nilai
-
Mengumpulkan informasi
mengenai strategi menyelesaikan masalah nyata yang melibatkan konsep
perbandingan
-
Menyajikan hasil pembelajaran
perbandingan senilai dan berbalik nilai
-
Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
3.11 Menganalisis
aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian,
bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
4.11 Menyelesaikan
masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
Aritmetika
Sosial
-
Harga penjualan dan pembelian
-
Keuntungan, kerugian, dan
impas
-
Persentase untung dan rugi
-
Diskon
-
Pajak
-
Bruto, tara, dan netto
-
Bunga tunggal
|
-
Mencermati kegiatan-kegiatan
sehari-hari berkaitan dengan transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan
impas
-
Mencermati cara menentukan
diskon dan pajak dari suatu barang
-
Mengamati konteks dalam
kehidupan di sekitar yang terkait dengan bruto, neto, dan tara
-
Mengumpulkan informasi tentang
cara melakukan manipulasi aljabar terhadap permasalahan sehari-hari yang
berkaitan dengan artimetika sosial
-
Menyajikan hasil pembelajaran
tentang aritmetika sosial
-
Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan artimetika sosial
|
3.12 Menjelaskan
sudut, jenis sudut, hubungan antar sudut, cara melukis sudut, membagi sudut,
dan membagi garis
3.13 Menganalisis
hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh
garis transversal
4.12 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sudut dan garis
4.13 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua
garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
|
Garis dan
Sudut
-
Garis
-
Kedudukan garis
-
Membagi garis
-
Perbandingan ruas garis
-
Pengertian sudut
-
Jenis-jenis sudut
-
Hubungan antar sudut
-
Melukis dan sudut
|
-
Mencermati model gambar atau
objek yang menyatakan titik, garis, bidang, atau sudut
-
Mencermati permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan garis dan sudut
-
Mencermati kedudukan dua
garis, jenis-jenis sudut, hubungan antar sudut
-
Mencermati sudut-sudut yang
terbentuk dari dua garis yang dipotong oleh garis transversal
-
Mencermati cara melukis dan
membagi sudut menggunakan jangka
-
Menyajikan hasil pembelajaran
tentang garis dan sudut
-
Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan garis dan sudut
|
3.14 Manganalisis
berbagai bangun datar segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat,
jajargenjang, trapesium, dan layang- layang) dan segitiga berdasarkan sisi,
sudut, dan hubungan antar sisi dan antar sudut
3.15 Menurunkan rumus
untuk menentukan keliling dan luas segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang) dan segitiga
4.14 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bangun datar segiempat (persegi,
persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang- layang)
dan segitiga
4.15 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat
(persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-
layang) dan segitiga
|
Bangun Datar
(Segiempat dan segitiga)
-
Pengertian segi empat dan
segitiga
-
Jenis-jenis dan sifat-sifat
bangun datar
-
Keliling dan luas segi empat dan
segitiga
-
Menaksir luas bangun datar yang
tak beraturan
|
-
Mencermati benda di lingkungan
sekitar berkaitan dengan bentuk segitiga dan segiempat
-
Mengumpulkan informasi tentang
unsur-unsur pada segiempat dan segitiga
-
Mengumpulkan informasi tentang
jenis, sifat dan karakteristik segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan
hubungan antar sudut dan sisi-sisi
-
Mengumpulkan informasi tentang
rumus keliling dan luas segiempat dan segitiga melalui pengamatan atau
eksperimen
-
Mengumpulkan informasi tentang
cara menaksir luas bangun datar tidak beraturan menggunakan pendekatan luas
segitiga dan segiempat
-
Menyajikan hasil pembelajaran
tentang segiempat dan segitiga
-
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan segiempat dan segitiga
|
3.16 Menganalisis
hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram
batang, dan diagram lingkaran)
4.16 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel,
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
|
Penyajian
Data:
-
Jenis data
-
Tabel
-
Diagram garis
-
Diagram batang
-
Diagram lingkaran
|
-
Mencermati penyajian data tentang
informasi di sekitar yang disajikan dengan tabel, ataupun diagram dari
berbagai sumber media. Misal: koran, majalah, dan televisi
-
Mencermati cara penyajian data
dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
-
Mengumpulkan informasi tentang
jenis data yang sesuai untuk disajikan dalam bentuk bentuk tabel, diagram
garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
-
Mengumpulkan informasi tentang
cara menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis,
diagram batang, dan diagram lingkaran
-
Menyajikan hasil pembelajaran
tentang penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, dan
lingkaran
-
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis,
dan lingkaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar