SILABUS
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak
langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4
|
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi,
penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti,
bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan
masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan
karya teman dalam interaksi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
3.1 Menerapkan operasi aljabar
yang melibatkan bilangan rasional
|
Operasi Aljabar
|
Mengamati
§
Mencermati bentuk aljabar dalam masalah sehari- hari atau situasi yang
berkaitan dengan penggunaan konsep
§
Mencermati penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan
§
Mencermati cara pengalian bentuk aljabar dengan cara bersusun
§
Mencermati masalah mengenai pembagian bentuk aljabar
§
Mencermati cara menyederhanakan bentuk aljabar
Menanya
§
Menanya tentang berbagai bentuk
aljabar dari masalah sehari-hari. Misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah
masalah sehari-hari ke bentuk aljabar, bagaimana mengubah masalah atau bahasa
sehari-hari ke dalam bentuk aljabar, atau apakah simbol (variabel) yang boleh
digunakan hanya x dan y?
§
Menanya tentang proses penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar serta
bentuk aljabar yang bagaimana yang bisa dijumlahkan atau dikurangkan
§
Menanya tentang pengalian bentuk aljabar dan apakah setiap bentuk aljabar
bisa dikalikan
§
Menanya tentang pembagian bentuk aljabar. Misal: Bagaimana jika pada
pembagian bentuk aljabar sisanya tidak nol atau apakah setiap bentuk aljabar
bisa dibagi dengan bentuk aljabar yang lain
§
Menanya tentang cara-cara penyederhanaan bentuk aljabar. Misal: bagaimana
menyederhanakan bentuk aljabr yang lebih rumit atau bagaimana kita bisa tahu
langkah demi langkah pada penyederhanaan bentuk aljabar
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang dapat dinyatakan
melalui kalimat verbal, gambar atau diagram, dan selanjutnya dalam bentuk
atau ekspresi aljabar
§
Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
bentuk atau ekspresi aljabar tertentu
§
Menggali informasi tentang klasifikasi bentuk aljabar berdasarkan suku,
variabel, koefisien, dan konstata
§
Menggali informasi tentang penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.
Informasi yang digali adalah tentang suku sejenis dan contoh-contoh
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
§
Menggali informasi tentang perkalian dan faktor tentang faktor dari
bentuk aljabar. Digali juga mengenai sifat komutatif, asosiatif, dan
distributif pada penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar
§
Menggali informasi tentang dan pembagian bentuk aljabar. Misal: Pembagian
bentuk aljabar hasil bagianya tidak selalu bersisa nol dan bagaimana
pembagian bentuk aljabar yang sisanya bukan nol.
§
Menggali informasi tentang cara penyederhaan bentuk aljabar, membentuk
ekspresi aljabar tertentu, atau menunjukkan/ membuktikan kesamaan antara
bentuk aljabar
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis berbagai bentuk aljabar dari masalah sehari-hari
§
Menganalisis penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan membuat
prosedur penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar
§
Menganalisis hasil kali dan hasil bagi bentuk aljabar
§
Menganalisis bagaimana menyederhanakan bentuk aljabar dan bagaimana
bentuk aljabar dikatakan sederhana
§
Menganalisis ketidaksamaan dua bentuk aljabar menggunakan contoh
penyangkal
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai pengenalan, penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian,
serta penyederhanaan bentuk aljabar
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai operasi aljabar
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
operasi aljabar
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi
penggunaan operasi bentuk aljabar dalam keseharian
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan operasi aljabar
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bentuk aljabar dalam
kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Melakukan permainan mengenai tanggal lahir danmenentukan cara menebakk
tanggal lahir dengan tepat
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan operasi aljabar, lingkungan,
alat peraga yang berkaitan denga operasi aljabar
|
3.5 Menyajikan fungsi dalam
berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan
diagram
|
Fungsi
|
Mengamati
§
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi
§
Mencermati beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan
§
Mencermati ciri-ciri suatu fungsi dari contoh yang diberikan
§
Mencermati cara-caa penyajian fungsi yang biasa digunakan dalam
matematika
Menanya
§
Menanya tentang manfaat fungsi dalam kehidupan sehari-hari
§
Menanya tentang ciri-ciri fungsi, bentuk fungsi, langkah menemukan
fungsi, dan penyajiannya dalam berbagai cara, serta penggunaan fungsi.
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi tentang contoh fungsi dan bukan fungsi
§
Menggali informasi tentang pengertian relasi, fungsi, atau pemetaan
§
Mengidentifikasi perbedaan dan persamaan tentang pengertian relasi,
fungsi atau pemetaan
§
Menggali informasi tentang suatu fungsi dengan notasi, nilai suatu
fungsi, dan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
§
Menggali informasi tentang pasangan berurutan dari data fungsi, tabel
pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi, dan rumus fungsi dari data fungsi
§
Menggali informasi tentang grafik fungsi pada koordinat cartesius
§
Menggali informasi tentang penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
nilai fungsi
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis penerapan matematika yang berkaitan dengan fungsi
§
Menganalisis persamaan dan perbedaan relasi dan fungsi
§
Menganalisis perbedaan relasi dan fungsi melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§
Menganalisis unsur-unsur dalam membuat tabel, diagram, dan grafik dari
suatu fungsi
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai ciri-ciri dan bentuk penyajian fungsi
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik relasi dan fungsi
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
fungsi, bentuk fungsi, dan penyajiannya
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi
penggunaan fungsi dalam kehidupan sehari-hari
§
Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan fungsi
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan fungsi dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Mencari informasi ke warnet atau wartel dalam menentukan tarif per satuan
waktu
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan fungsi, alat peraga, lingkungan
|
3.4 Menentukan persamaan garis
lurus dan grafiknya
|
Persamaan Garis Lurus
|
Mengamati
§
Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan garis
lurus
§
Mencermati cara menentukan titik yang dilalui persamaan garis lurus pada
tabel dan cara menggambar grafiknya
§
Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kemiringan persamaan
garis lurus
§
Mencermati cara penyelesaian tentang kemiringan garis yang melalui dua
titik
Menanya
§
Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan
persamaan garis lurus
§
Menanya tentang syarat suatu persamaan apa supaya grafik yang disajikan
berupa garis lurus
§
Menanya tentang persamaan garis lurus yang memotong sumbu-x dan sumbu-y
di satu titik
§
Menanya tentang cara menentukan kemiringan garis lurus yang melalui dua
titik
§
Menanya tentang cara menentukan rumus kemiringan garis lurus yang melalui
dua titik
§
Menanya tentang kemiringan suatu garis yang sejajar dengan sumbu
koordinat
§
Menanya penyelesaian tentang kemiringan pada persamaan garis lurus
Mengumpulkan informasi
§
Menggali menggali informasi
tentang penerapan persamaan garis lurus dalam masalah sehari-hari
§
Menggali informasi tentang syarat suatu persamaan yang menghasilkan
grafik garis lurus yag tetapat di satu titik, yaitu titik (0, 0) melalui
beberapa contoh yang disajikan
§
Menggali informasi tentang fungsi linear satu variabel ke bentuk
persamaan garis lurus dan menyajikannya ke dalam grafik garis lurus
§
Menggali informasi tentang sifat-sifat berbagai persamaan garis lurus
yang grafiknya berpotongan tegal lurus dan tidak tegak lurus, serta yang
sejajar
§
Menggali informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik dari gradien
atau kemiringan suatu persamaan garis lurus
§
Menggali informasi gradien atau kemiringan garis lurus dalam berbagai
bentuk
§
Menggali informasi untuk persamaan garis lurus yang melalui dua titik
§
Menggali informasi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan
persamaan garis lurus
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis permasalahan sehari-hari berkaitan dengan persamaan garis
lurus
§
Menganalisis penentuan titik potong dua garis
§
Menganalisis pengertian gradien atau kemiringan garis lurus berdasarkan
gambar persamaan garis lurus yang berbeda-beda
§
Menganalisis unsur-unsur dalam menentukan persamaan garis lurus baik yang
melalui satu titik maupun dua titik
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai grafik persamaan garis lurus,
kemiringan persamaan garis lurus, dan cara menentukan persamaan garis
lurus
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai persamaan aris lurus
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
persamaan garis lurus
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi tentang
persamaan garis
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menentukan persamaan
garis lurus
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan garis lurus
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Membuat grafik persamaan garus lurus menggunakan komputer
|
15 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan persamaan garis lurus, alat
peraga, lingkungan
|
3.2 Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam
konteks nyata
4.1 Membuat dan menyelesaikan
model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear
dua variabel
|
Persamaan Linear Dua
Variabel
|
Mengamati
§
Mencermati tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel
§
Mencermati cara membuat persamaan linear dua variabel dari masalah
sehari-hari
§
Mencermati contoh selesaian dan bukan selesaian permasalahan linear dua
variabel dari masalah sehari-hari
§
Mencermati cara membuat persamaan linear dua variabel dari masalah
sehari-hari
§
Mencermati cara membuat model masalah dari sistem persamaan dua variabel
Menanya
§
Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan
persamaan linear dua variabel
§
Menanya tentang hubungan persamaan linear dengan persamaan garis lurus
§
Menanya tentang cara menentukan selesaian persamaan linear dua variabel
§
Menanya tentang cara menyelesaikan dua buah persamaan dua variabel
sehingga memiliki satu selesaian
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel
§
Menggali informasi tentang persamaan linear dua variabel tertentu
§
Menggali informasi tentang perbedaan persamaan linear dua variabel dengan
sistem persamaan linear dua variabel
§
Menggali informasi tentang masalah berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau
melalui diagram
§
Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta
manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
§
Menggali informasi tentang metode penyelesaian masalah yang berkaitan
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
§
Menggali informasi tentang masalah
sehari-hari yang melibatkan sistem persamaan linear dua variabel dan
pemecahan masalahnya.
§
Menggali informasi tentang penyelesaian persamaan non linear dua variabel
dengan mengubah bentuk ke sistem persamaan linear dua variabel
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk
persamaan linear dua variabel
§
Menganalisis perbedaan persamaan yang merupakan persamaan linear dua
variabel dan yang bukan
§
Menganalisis perbedaan persamaan linear dua variabel dengan sistem
persamaan linear dua variabel
§
Menganalisis model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dua variabel
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai persamaan persamaan linear dua variabel, menentukan selesaian
persamaan linear dua variabel, dan membuat model masalah dari sistem
persamaan persamaan linear dua variabel
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai persamaan linear dua variabel
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi
penggunaan persamaan linear dua variabel
§
Tes tertulis mengerjakan soal-soal persamaan linear dua variabel
Keterampilan:
§
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel dan penerapannya kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Mengumpulkan data dari sebuah kran air yang bocor per lima detik dan dari
hasil pengamatan tersebut dibuat makalah atau paper
|
20 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan persamaan linear dua variabel,
alat peraga, lingkungan
|
3.10 Menggunakan koordinat
Cartesius dalam menjelaskan posisi relatif benda terhadap acuan tertentu
|
Sistem Koordinat
|
Mengamati
§
Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem koordinat
§
Mencermati jarak titik-titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y dan hubungannnya
dengan koordinat titik-titik tersebut
§
Mencermati titik-titik yang memiliki jarak yang sama terhadap sumbu-x dan
sumbu-y tetapi memiliki koordinat yang berbeda, karena titik-titik tersebut
berada pada kuadran yang berbeda
§
Mencermati posisi titik terhadap titik asal (0, 0) dan titik tertentu (a,
b)
§
Mencermati posisi garis yang sejajar, tegak lurus, dan berpotongan dengan
sumbu-x dan sumbu-y
Menanya
§
Menanya tentang masalah sehari-hari yang berkaitan sistem koordinat dan
jenis sistem koordinat
§
Menanya tentang jarak titik-titik dari sumbu-x dan sumbu-y
§
Menanya tentang koordinat suatu titik terhadap titik pusat) dan titik
lainnya
§
Menanya tentang sejajar atau tidak, tegak lurus atau tidak, dan
berpotongan atau tidak suatu garis dengan sumbu-x dan sumbu-y
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan sistem
koordinat dan jenis sistem koordinat
§
Mengali informasi yang berkaitan dengan koordinat titik pada bidang
koordinat kartesius yang berada pada empat kuadran
§
Menggali informasi perbedaan titik yang berada di masing-masing kuadran
§
Menggali informasi tentang konsep, sifat dan unsur-unsur yang membentuk
sistem koordinat Cartesius
§
Menggali informasi tentang kedudukan suatu titik dan bangun datar serta
menggambarkannya dalam sistem koordinat Cartesius
§
Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda
atau letak suatu tempat, serta unsur atau komponen peta yang lengkap dalam
sistem koordinat
§
Menggali informasi tentang denah/peta posisi dan arah dari suatu benda
dan letak suatu tempat pada sistem koordinat
§
Menggali informasi tentang posisi garis yang sejajar, tegak lurus, dan
berpotongan dengan sumbu-x dan sumbu-y
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis penerapan sistem koordinat dalam masalah sehari-hari
§
Menganalisis perbedaan koordinat titik-titik yang berada di sebelah kanan
dan sebelah kiri sumbu-y
§
Menganalisis perbedaan koordinat titik-titik yang berada di atas dan
bawah sumbu-x
§
Menganalisis koordinat-titik-titik yang memiliki jarak yang sama dan tidak
sama dengan sumbu-x dan sumbu-y
§
Menganalisis koordinat suatu titik tertentu terhadap titik tertentu
§
Menganalisis garis yang melalui suatu titik, apakah sangat sejajar, tegak
lurus, atau berpotongan
§
Menganalisis bangun apa yang terbentuk titik-titik yang berada pada
bidang kordinat dihubungkan
§
Menganalisis letak suatu benda bersifat relatif apabila pusat koordinat
digeser, dan implementasinya dalam penerapan garis lintang dan garis bujur
bumi
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai posisi titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y, posisi titik terhadap
titik asal (0,0) dan titik tertentu (a, b), dan posisi garis terhadap sumbu-x
dan sumbu-y
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai sistem koordinat
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
sistem koordinat
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi
penggunaan sistem koordinat dalam keseharian
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan sistem koordinat
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan sistem koordinat dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Mencari peta suatu kota, lalu membuat pertanyaan berkaitan dengan sistem
koordinat
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan sistem koordinat, peta, alat peraga lainnya, lingkungan
|
3.3 Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak
diketahui
|
Persamaan Kuadrat
|
Mengamati
§
Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
§
Mencermati bentuk umum dan cara memfaktorkan dari persamaan kuadrat
§
Mencermati cara menentukan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan
kuadrat sempurna
§
Mencermati aplikasi persamaan kuadrat dalam masalah nyata
Menanya
§
Menanya tentang pentingnya persamaan kuadrat dan apa kaitannya dengan
permasalahan sehari-hari
§
Menanya tentang cara menentukan nilai dari persaman kuadrat
§
Menanya tentang perbandingan dalam cara
memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat
§
Menggali informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik variabel,
koefisien, konstata, dan derajat dari suatu persamaan kuadrat
§
Menggali informasi tentang strategi memfaktorkan berbagai bentuk
persamaan kuadrat
§
Menggali informasi tentang cara mennetukan persamaan kuadrat dengan rumus
kuadratik
§
Menggali informasi tentang diskriminan pada persamaan kuadrat
§
Menggali informasi tentang bentuk suatu persamaan kuadrat berdasarkan
kriteria koefisien dan konstata yang dimiliki serta melakukan manipulasi
aljabar tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah bentuk suatu ekspresi ke
bentuk persamaan kuadrat
§
Menggali informasi untuk menentukan solusi persamaan kuadrat atau besaran
yang dicari dari masalah, serta memberikan alasan kebenaran solusinya
§
Menggali informasi aplikasi persamaan kuadrat dalam masalah nyata
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis penerapan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari
§
Menganalisis langkah-langkah menentukan persamaan kuadrat jika diketahui
adalah akar-akar persamaannya
§
Menganalisis determinan dan selesaian akar persamaan kuadrat
§
Menganalisis perbedaan persamaan kuadrat dan bentuk lainnya melalui
contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari
§
Menganalisis unsur-unsur persamaan kuadrat berdasarkan kurvanya
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai penentuan akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dan
melengkapkan kuadrat sempurna, serta penerapan persamaan kuadrat dalam
masalah nyata
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai persamaan kuadrat
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
persamaan kuadrat
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi
penggunaan persamaan kuadrat dalam keseharian
§
Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan persamaan kuadrat
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan kuadrat
kemudian disusun, didiskusikan dan
direfleksikan
Projek
§
Menemukan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan
kuadrat, lalu membuat soal dan solusi yang berkaitan dengan permasalahan
tersebut
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat, alat peraga,
lingkungan
|
3.12 Memahami konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik,
dan persamaan
4.2 Menggunakan konsep
perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel,
grafik, dan persamaan
4.4 Menyelesaikan permasalahan
dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik, aljabar, dan
aritmetika
|
Perbandingan
|
Mengamati
§
Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan
§
Mencermati contoh dan konsep
perbandingan senilai dalam kehidupan nyata seperti hubungan jarak
tempuh dan pertamax yang dibutuhkan
§
Mencermati contoh dan konsep perbandingan berbalik nilai dalam kehidupan
nyata seperti hubungan waktu dan kecepatan, banyak pekerja dan waktu
penyelesaian, dan lain sebagainya
Menanya
§
Menanya tentang perbandingan, skala, rasio, dan pentingnya untuk memodelkan dan
menyelesaikan masalah sehari-hari
§
Menanya tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai
§
Menanya tentang cara mengubah masalah sehari-hari ke model, denah atau peta,
dan sebaliknya
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi tentang bentuk perbandingan atau proporsi
§
Menggali informasi tentang perbandingan senilai dan berbalik nilai
§
Menggali informasi suatu perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan
bulat paling sederhana
§
Menggali informasi tentang nilai perbandingan/proporsi kuantitas benda
dengan kuantitas benda dalam suatu kumpulan benda
§
Menggali informasi tentang nilai perbandingan yang bersifat
seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai dari dua besaran yang
memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan
persamaan
§
Menggali informasi tentang nilai perbandingan, kuantitas benda tertentu,
ataupun kuantitas keseluruhan benda, termasuk penerapannya di bidang
aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan masalah lainnya berkaitan
dengan perbandingan
§
Menggali informasi tentang
perbandingan dalam menyelesaikan masalah matematika atau masalah sehari-hari
§
Menggali informasi tentang nilai suatu perbandingan berdasarkan tabel,
grafik, dan persamaan
§
Menggali informasi tentang besaran yang tidak diketahui berdasarkan
tabel, grafik, dan aritmatika
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis penerapan perbandingan dalam masalah nyata
§
Menganalisis pernyataan yang berkaitan dengan perbandingan senilai
§
Menganalisis sifat perbandingan (linear, tidak linear, seharga, tidak
seharga menggunakan contoh atau logika berpikir)
§
Menganalisis perbedaan perbandingan langsung dan tidak langsung melalui
contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari
§
Menganalisis sifat perbandingan berdasar perilaku grafiknya
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai perbandingan senilai dan berbalik nilai
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai perbandingan
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
perbandingan
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi
penggunaan perbandingan dalam keseharian
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan perbandingan
Keterampilan
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan perbandingan dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Menyelidiki bagaimana tinggi bola dijatuhkan berkaitan dengan tinggi
pantulan lalu dibuat grafik, lakukan beberapa kali percobaan dan bandingkan
hasilnya
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan perbandingan, alat peraga,
lingkungan
|
3.8 Memahami Teorema Pythagoras
melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
4.3 Menggunakan pola dan
generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata
4.5 Menggunakan Teorema
Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
|
Teorema Pythagoras
|
Mengamati
§
Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teorema pythagoras
§
Mencermati ilustrasi dalam pembuktian teorema pythagoras
§
Mencermati hubungan antar panjang sisi siku-siku dan sisi miring pada segitiga siku-siku
§
Mencermati penyelesaian masalah nyata dengan teorema pythagoras
Menanya
§
Menanya tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan teorema
pythagoras
§
Menanya tentang kelebihan dan manfaat penggunaan teorema Pythagoras dan
pola bilangan, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam teorema
Pythagoras dan pola bilangan dan sebaliknya
§
Menanya tentang hubungan sisi-sisi segitiga siku-siku dan teorema
pythagoras
§
Menanya tentang hubungan antar panjang sisi siku-siku dan sisi miring pada segitiga siku-siku
Mengumpulkan informasi
§
Menggali informasi tentang bentuk, unsur, jenis, dan sifat segitiga siku-siku
§
Mengali informasi tentang triple pythagoras yaitu segitiga siku-siku yang
ketiga sisinya adalah bilanga bulat
§
Menggali informasi tentang sisi-sisi berbagai segitiga siku-siku untuk
menemukan dan menjelaskan teorema Pythagoras
§
Mengidentifikasi teorema pythagoras berdasarkan pola-pola bilangan
§
Menggali informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik serta strategi
untuk membentuk pola bilangan yang memenuhi sifat triple Pythagoras
§
Menggali informasi yang berkaitan dengan masalah penerapan teorema
Pythagoras dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau
melalui diagram
§
Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta
manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah
penerapan teorema Pythagoras
§
Menggali informasi tentang metode penyelesaian masalah berkaitan dengan
penerapan teorema Pythagoras
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis penerapan teorema Pythagoras dan pola bilangan pada masalah
nyata
§
Menganalisis syarat keberlakuan teorema Pythagoras dan pola bilangan
menggunakan contoh atau logika berpikir
§
Menganalisis sifat teorema
Pythagoras berdasrkan pola-pola bilangan
§
Menganalisis hubungan antar panjang sisi pada segitiga khusus
§
Menganalisis permasalahan nyata dengan teorema pythahoras
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai pemahaman teorema pythagoras, hubungan antar panjang sisi pada
segitiga khusus, serta penyelesaian masalah nyaa dengan teorema pythagoras
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi,
sanggahan dan alasan, memberikan
tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai teorema pythagoras
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
teorema pythagoras
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi sejarah
teorema pythagoras
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan teorema pythagoras
Keterampilan
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan teorema pythagoras dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Memperkirakan tinggi suatu pohon atau gedung menggunakan teorem pthagoras
|
20 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan teorema phytagoras, penggaris,
alat peragalainnya, lingkungan
|
3.6 Mengidentifikasi unsur,
keliling, dan luas dari lingkaran
3.7 Menentukan hubungan sudut
pusat, panjang busur, dan luas juring
4.6 Menyelesaikan permasalahan
nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas
juring
|
Lingkaran
|
Mengamati
§
Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep lingkaran
§
Mencermati unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur,
apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat)
§
Mencermati bentuk sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur
yang sama
§
Mencermati proses ditemukannya rumus keliling lingkaran
Menanya
§
Menanya tentang konsep dan bentuk lingkaran yang digunakan dalam
kehidupan sehari-hari, misal untuk
membuat roda, mempermudah gerak benda, dsb
§
Menanya tentang kelebihan dan manfaat benda bentuk lingkaran, bagaimana
terampil melukis lingkaran dengan media yang tersedia, dsb
§
Menanya tentang keterkaitan antar unsur-unsur lingkaran
§
Menanya hubungan sudut pusat dan sudut keliling
§
Menanya hubungan antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat
yang sama
§
Menanya tentang hubungan antara sudut pusat dengan panjang busur dan luas
juring
Mengumpulkan Informasi
§
Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
lingkaran, seperti nilai estetika dan fungsi berbagai benda berbentuk
lingkaran atau memiliki permukaan lingkaran
§
Menggali informasi tentang unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari,
diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat)
§
Menggali informasi tentang nilai rasio atau perbandingan keliling dengan
diameter sebagai π dengan nilai kira-kira 3.14
§
Menggali informasi tentang jari-jari, diameter, keliling, luas ataupun
unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkaran
§
Menggali informasi tentang daerah juring lingkaran dengan sudut pusat
tertentu
§
Menggali informasi tentang besar sudut pusat, panjang busur dan luas
juring adalah senilai/seharga/sebanding/linear menggunakan sudut, panjang
busur dan luas juring
§
Menggali informasi tentang hubungan antar beberapa susut keliling yang
menghadap sudut pusat yang sama
§
Menggali informasi untuk merumuskan model atau kalimat matematika yang
tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah sudut pusat, busur dan juring,
serta syarat keberlakuan modelnya
§
Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta
manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah sudut
pusat, busur dan juring
§
Menggali informasi tentang metode penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan sudut pusat, busur, dan juring
§
Menggali informasi tentang sudut pusat dan sudut keliling lingkaran
§
Menggali informasi tentang tahapan dan prosedur penyelesaian masalah
sudut pusat, busur dan juring
§
Menggali informasi untuk menghitung keliling dan luas lingkaran
§
Menggali informasi tentang garis singgung pada satu titik pada dan di
luar lingkaran
§
Menggali informasi tentang panjang garis singgung lingkaran dari satu
titik di luar lingkaran
§
Menggali informasi tentang panjang garis singgung persekutuan dalam dan
luar lingkaran
§
Melukis lingkaran dalam segitiga
§
Menggali informasi tentang Melukis lingkaran luar segitiga
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis penerapan konsep lingkaran dalam masalah nyata
§
Menganalisis hubungan antara unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari,
diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat)
§
Menganalisis sudut pusat dan sudut keliling
§
Menganalisis panjang busur dan luas juring
§
Menganalisis rumus keliling dan luas lingkaran berdasarkan hasil
pengamatan atau percobaan
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai unsur-unsur lingkaran, hubungan antara sudut pusat dengan sudut
keliling yang menghadap busur sama, dan hubungan antara sudut pusat dengan
panjang busur dan luas juring
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai lingkaran
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
lingkaran
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi
penggunaan lingkaran
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan lingkaran
Keterampilan
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan lingkaran dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Memotong lingkaran dengan potongan juring yang sama untuk menemukan luas
lingkaran dengan pendekatan bangun datar lain
|
25 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan limngkaran, alat peraga,
lingkungan
|
3.9 Menentukan luas permukaan
dan volume kubus, balok, prisma, dan limas
3.11 Menaksir dan menghitung
luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan
geometri dasarnya
|
Bangun Ruang Sisi Datar
(kubus, balok, prisma, dan
limas)
|
Mengamati
§
Mencermati bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) yang
ada kaitannya dengan kehidupan nyata
§
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan bangun ruang
sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Mencermati kerangka dan jaring-jaring bangun ruang sisi datar (kubus,
balok, prisma, dan limas)
Menanya
§
Menanya tentang bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
yang ada dalam kehidupan nyata
§
Menanya tentang luas dan volume
berbagai benda di sekitar melalui percobaan yang berbentuk kubus, balok,
prisma, dan limas
§
Menanya tentang berbagai aspek
luas dan volume, misal: apa kelebihan dan manfaat pengetahuan dan penggunaan
masalah luas dan volume pada bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma,
dan limas)
§
Menanya tentang penerapan luas dan volume untuk bangun ruang yang tidak
beraturan
Mengumpulkan Informasi
§
Menggali informasi tentang bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma,
dan limas) yang ada dalam kehidupan nyata
§
Menggali informasi tentang model kerangka serta jaring-jaring bangun
ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Menggali informasi tentang unsur-unsur bangun ruang sisi datar (kubus,
balok, prisma, dan limas)
§
Menggali informasi tentang luas permukaan serta volume bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Menggali informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang
berkaitan dengan bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
dan bangun datar tidak beraturan
§
Menggali informasi tentang sketsa bangun ruang beraturan atau bangun
geometri dasar yang memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun
ruang tidak beraturan
§
Menggali informasi tentang menaksir luas dan volume bangun ruang tidak
beraturan
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Menganalisis konsep dan rumus luas dan volume bangun datar dan bangun
ruang sederhana serta menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari
§
Menganalisis unsur-unsur rumus luas dan volume bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) serta perilaku hubungan fungsionalnya
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas, serta
menaksir luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar tidak beraturan
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan
lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai bangun ruang sisi datar
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar bangun
ruang sisi datar (kubus, balok, prisma,
dan limas) dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
§
Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun ruang sisi
datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
Keterampilan
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari kemudian disusun,
didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Membuat bangun ruang sisi datar
(kubus, balok, prisma, dan limas) dari bahan kardus, atau kartos, atau bahan
bekas lainnya
|
25 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan bangun ruang sisi datar, alat
peraga, benda di lingkungan
Kubus, balok
|
3.14 Memahami teknik penyajian data dua variabel menggunakan tabel,
grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta
menganalisis hubungan antar variabel
4.7 Mengumpulkan, mengolah,
menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar
variabel
|
Penyajian Data:
Diagram batang
Diagram lingkaran
Grafik
|
Mengamati
§
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan penyajian data
§
Mencermati penyajian data dalam bentuk diagram tabel, batang, dan diagram
lingkaran
Menanya
§
Menanya tentang penyajian data yang ada dalam kehidupan sehari-hari
§
Menanya tentang cara mengumpulkan, mengolah, menginterprestasi, dan
menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram
lingkaran secara manual ataupun dengan komputer
§
Menanya tentang strategi dan pemanfaatan data dalam permasalahan
sehari-hari dalam rangka pengambilan keputusan
§
Menanya dalam bentuk apakah penyajian data paling sesuai dengan konteks
masalah. Apakah dalam bentuk diagram batang, diagram baris, atau diagram
lingkaran
Mengumpulkan Informasi
§
Menggali informasi tentang penyajian data dengan menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan garis
lurus
§
Menggali informasi tentang penafsiran data
§
Menggali informasi tentang jenis data yang bersifat kualitatif dan
kuantitatif
§
Menggali informasi tentang penataan data sebagai cara untuk menyajikan
informasi agar mudah dipahami karakteristik datanya dalam bentuk tabel
(baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram
lingkaran, dan grafik garis, secara manual dan dengan bantuan komputer
§
Menggali informasi tentang hubungan antar variabel pada data yang
bersifat korelatif, regresi/hubungan fungsional, dan trend/deret waktu
§
Menggali informasi tentang penyajian data bentuk tabel (baris-kolom,
kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, grafik
garis, hubungan antar variabel atau unsur lainnya secara manual dan dengan
bantuan komputer berkaitan dengan penataan data
§
Menggali informasi untuk merancang dan menyusun alat pengumpul data yang
dapat berupa panduan wawancara, alat ukur atau pencacah, formulir
isian/kuesioner, dsb
§
Menggali informasi tentang interpretasi secara sederhana sajian data
menggunakan statistik tertentu (misal: ukuran tendensi sentral atau
pemusatannya, tingkat dispersi atau persebaran data, ataupun ukuran lainnya),
estimasi/prediksi untuk masa mendatang,
serta tingkat hubungan antar variabel pada datanya
§
Menggali informasi tentang alternative pengambilan keputusan berdasar
hasil analisis data yang telah dilakukan, serta mendeskripsikan dampak yang
mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan
penyelesaiannya
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis tentang penyajian data dengan menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan garis
lurus
§
Menganalisis tentang penafsiran data
§
Menganalisis tentang jenis data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif
§
Menganalisis tentang cara mengumpulkan, mengolah, menginterprestasi, dan
menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram
lingkaran secara manual ataupun dengan komputer
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai penyajian data dalam bentuk diagram batang, garis, dan lingkaran
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai penyajian data
Pengetahuan
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
penyajian dan pengolahan data
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: melakukan pendataan kemudian menyajikan
dan mengolahnya
§
Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan penyajian dan
pengolahan data
Keterampilan:
§
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan penyajian, pengolahan
data dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Mengumpulkan data tentang makanan dan minuman, lalu menyajikan dalam
bentuk diagram garis, batang, atau lingkaran disertai interprestasinya
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan penyajian data, komputer,
penggarais, alat peraga lainnya, lingkungan
|
3.13 Menemukan peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output)
yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data
4.8 Melakukan percobaan untuk
menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan
peluang teoritik
|
Peluang empirik
Peluang teoritik
|
Mengamati
§
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan peluang
teoritik dan peluang empirik
§
Mencermati kejadian dari suatu eksperimen dengan menggunakan koin dan
dadu dalam rangka memahami peluang teoritik dan peluang empirik
Menanya
§
Menanya tentang kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan peluang
empirik dan peluang teoritik
§
Menanya tentang hubungan antara peluang teoritik dengan peluang empirik
§
Menanya tentang perbedaan antara peluang teoritik dengan peluang empirik
Mengumpulkan Informasi
§
Menggali informasi tentang permasalahan nyata yang berkaitan dengan
peluang teoritik dan peluang empirik
§
Menggali informasi tentang cara menentukan ruang sampel
§
Menggali informasi tentang sifat, kriteria dan karakteristik kejadian
acak atau random, independen, atau bersyarat serta berbagai faktor yang
menyebabkan kejadian bersifat tidak acak atau tidak independen
§
Menggali informasi tentang peluang empirik dan peluang teoritik melalui
eksperimen (bisa dengan menggunakan koin atau dadu)
§
Menggali informasi tentang hubungan peluang empirik dan peluang teoritik
§
Menggaliinformasi tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang
dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa
atau intuisi tertentu, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan peluang
Menalar/Mengasosiasi
§
Menganalisis tentang permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
peluang teoritik dan peluang empirik
§
Menganalisis tentang ruang sampel dari beberapa eksperimen
§
Menganalisis banyaknya titik sampel pada suatu kejadian
§
Menganalisis tentang sifat, kriteria dan karakteristik kejadian acak atau
random, independen, atau bersyarat serta berbagai faktor yang menyebabkan
kejadian bersifat tidak acak atau tidak independen
§
Menganalisis tentang peluang empirik dan peluang teoritik melalui suatu
eksperimen
§
Menganalisis hubungan peluang empirik dengan peluang teoritik
§
Menganalisis tentang sifat,
kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random, serta berbagai faktor
yang menyebabkan kejadian bersifat acak menjadi tidak acak.
§
Menganalisis tentang peluang kejadian acak, peluang kejadian yang
dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa
atau intuisi tertentu, ataupun unsur lainnya berkaitan dengan peluang
Mengomunikasikan
§
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah
dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau
strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari
mengenai peluang teoritik dan perbandingan peluang teoritik dengan peluang empirik
§
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk
mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan,
memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun
tanggapan lainnya
§
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
|
Sikap:
Observasi
§
Mengamati ketelitian dan rasa
ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi
peserta didik mengenai peluang empirik dan peluang teoritik
Pengetahuan:
Penugasan
§
Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan
peluang
§
Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi manfaat
peluang
§
Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan peluang empirik dan
teoritik
Keterampilan:
Portofolio
§
Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan peluang dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek
§
Mengamati kejadian di lingkungan sekitar yang berhubungan dengan peluang,
lalu membuat aturan yang berhubungan dengan penamatan tersebut
|
10 JP
|
§
Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan
dengan peluang, dadu, koin, kartu,
alat peraga lainnya, lingkungan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar