Sabtu, 14 Desember 2019


SILABUS

MATA PELAJARAN MATEMATIKA WAJIB
Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
SEMESTER GANJIL DAN GENAP
SMA NEGERI ……………….
KELAS X (SEPULUH)

Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
3. Memahami, menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.      
4.   Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
 


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1.  Mengintepretasipersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk linear satuvariabeldenganpersamaandanpertidaksamaanlinear Aljabarlainnya.
Persamaan dan Pertidaksamaan LinearSatuVariabel yang Memuat Nilai Mutlak
-     Pengertianpersamaandanpertidaksamaan linear satu variable
-   Penerapanpersamaandanpertidaksamaan linear satuvariabel
·    Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan di antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskanpersamaandan/ataupertidaksamaan linear satuvariabel yang memuatnilaimutlak yang sesuai.
·    Menggunakan ide-ide matematikauntukmenyelesaikanpersamaandan/ataupertidaksamaan linear satuvariabel yang memuatnilaimutlak.
·    Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula.
·    Mengomunikasikan proses danhasilpemecahanmasalah
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak
·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak
4.1.  Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganpersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk linear satu variable
3.2.  Menjelaskandanmenentukanpenyelesaianpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel
Pertidaksamaan
mutlak,
pecahan, dan
irrasional
·   Mencermati pengertian, metode  penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan  pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar
·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
·   Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
4.2.  Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel
3.3.  Menyusunsistempersamaan linear tigavariabeldarimasalahkontekstual
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
-   Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
-   Penerapan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
·    Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan di antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskansistem persamaan linear tiga variabel yang sesuai.
·    Menggunakan ide-ide matematikauntukmenyelesaikansistem persamaan linear tiga variabel.
·    Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula.
·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
·    Mengomunikasikan proses danhasilpemecahanmasalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
4.3.  Menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandengansistempersamaan linear tiga variable
3.4.  Menjelaskandanmenentukanpenyelesaiansistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
Sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)

·   Mencermatipengertian, metode penyelesaian, kurva persamaan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
·   Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika lainnya tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel
·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
·   Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
4.4.  Menyajikandanmenyelesaikanmasalah yang berkaitandengansistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat
3.5.  Menjelaskandanmenentukanfungsi (terutamafungsi linear, fungsikuadrat, danfungsirasional) secara formal yang meliputinotasi, daerahasal, daerahhasil, danekspresisimbolik, sertasketsagrafiknya
Fungsi
-     RelasidanFungsi
-     OperasiAritmetika
-     KomposisiFungsi
-     Fungsi Linear
-     FungsiKuadrat
-     FungsiRasional
-     Fungsi Invers
·    Mengidentifikasihubunganantaradaerahasal, daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya.
·    Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalahkontektual yang dinyatakandenganfungsilinear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional
·    Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmelakukanoperasiaritmetikapadafungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian) danoperasikomposisipadafungsi
·    Mengamatidanmengidentifikasifaktapadafungsi invers yang akandigunakanuntukmenentukaneksistensinya
·    Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganfungsi invers suatufungsi
·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi
4.5.  Menganalisakarakteristikmasing – masinggrafik (titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot) danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb
3.6.  Menjelaskanoperasikomposisipadafungsidanoperasi invers padafungsi invers sertasifat-sifatnyasertamenentukaneksistensinya
4.6.  Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganoperasikomposisidanoperasi invers suatufungsi
3.7.  Menjelaskanrasiotrigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku
Trigonometri
-     PengukuranSudut
-     PerbandinganTrigonometripadaSegitigaSiku-Siku
-     Sudut-sudutBerelasi
-     IdentitasTrigonometri
-     Aturan Sinus danCosinus
-     FungsiTrigonometri
·    Mangamatidanmengidentifikasifaktapada radian danderajatsebagaisatuanpengukuransudut, sertahubungannya
·    Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganpengukuransudutdalamsatuan radian atauderajat
·    Mangamatidanmengidentifikasifaktapadarasiotrigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku.
·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstualyang berkaitan denganrasio trigonometri pada segitiga siku-siku
·    Mencermatidanmengidentifikasifaktapadarasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasikemudianmembuatgeneralisasinya
·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi
·    Mengamatidanmengidentifikasihubungan antara rasio trigonometri yang membentukidentitas dasar trigonometri.
·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedurpembuktianidentitastrigonometri
·    Mengamatidanmengidentifikasifaktapadaaturan sinus dancosinussertamasalah yang terkait
·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganaturan sinus dankosinus.
·    Mencermatidanmengidentifikasifaktapadagrafikfungsi yang dibuatdenganmenggunakanlingkaransatuan
·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk untukmembuatseksagrafikfungsi trigonometri
·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri
4.7.  Menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandenganrasiotrigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku
3.8.  Menggeneralisasirasiotrigonometriuntuksudut-sudut di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi
4.8.  Menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi
3.9.  Menjelaskanaturan sinus dancosinus
4.9.  Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganaturan sinus dancosinus
3.10.        Menjelaskanfungsitrigonometridenganmenggunakanlingkaransatuan
4.10.        Menganalisaperubahangrafikfungsitrigonometriakibatperubahanpadakonstantapadafungsi y = a sin b(x + c) + d.

                                                                                            …………………, 18Juli 20…..

Mengetahui
Kepala SMAN …………………                Guru Mata Pelajaran




…………………………………..               …………………………………..
NIP.                                                             NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar