SILABUS
MATA
PELAJARAN MATEMATIKA WAJIB
Alokasi waktu:
4 jam pelajaran/minggu
SEMESTER
GANJIL DAN GENAP
SMA
NEGERI ……………….
KELAS
X (SEPULUH)
Kompetensi Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
3. Memahami,
menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1.
Mengintepretasipersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk
linear satuvariabeldenganpersamaandanpertidaksamaanlinear
Aljabarlainnya.
|
Persamaan
dan Pertidaksamaan LinearSatuVariabel yang Memuat Nilai
Mutlak
- Pengertianpersamaandanpertidaksamaan linear satu
variable
- Penerapanpersamaandanpertidaksamaan linear satuvariabel
|
· Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan
di
antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskanpersamaandan/ataupertidaksamaan linear
satuvariabel yang memuatnilaimutlak yang sesuai.
· Menggunakan ide-ide
matematikauntukmenyelesaikanpersamaandan/ataupertidaksamaan linear
satuvariabel yang memuatnilaimutlak.
· Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula.
· Mengomunikasikan
proses danhasilpemecahanmasalah
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linearsatuvariabel yang memuat
nilai mutlak
· Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat
nilai mutlak
|
4.1.
Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandenganpersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk linear
satu variable
|
||
3.2.
Menjelaskandanmenentukanpenyelesaianpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel
|
Pertidaksamaan
mutlak,
pecahan, dan
irrasional
|
· Mencermati pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,irrasional dan mutlak, dan
penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak,
pecahan, dan irrasional
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan
mutlak, pecahan, dan irrasional
|
4.2.
Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandenganpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel
|
||
3.3.
Menyusunsistempersamaan
linear tigavariabeldarimasalahkontekstual
|
Sistem
Persamaan Linear
Tiga Variabel
- Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
-
Penerapan
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
|
· Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan
di antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskansistem
persamaan linear tiga variabel yang sesuai.
· Menggunakan ide-ide
matematikauntukmenyelesaikansistem persamaan linear tiga variabel.
· Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula.
· Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
· Mengomunikasikan
proses danhasilpemecahanmasalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga
variabel
|
4.3.
Menyelesaikanmasalahkontekstual
yang berkaitandengansistempersamaan linear tiga variable
|
||
3.4.
Menjelaskandanmenentukanpenyelesaiansistempertidaksamaanduavariabel
(linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
|
Sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
|
· Mencermatipengertian, metode penyelesaian, kurva persamaan
dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel, dan penerapannya pada
masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
· Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika lainnya tentang
sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem
pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
· Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
|
4.4.
Menyajikandanmenyelesaikanmasalah
yang berkaitandengansistempertidaksamaanduavariabel
(linear-kuadratdankuadrat-kuadrat
|
||
3.5.
Menjelaskandanmenentukanfungsi
(terutamafungsi linear, fungsikuadrat, danfungsirasional) secara formal yang meliputinotasi,
daerahasal, daerahhasil, danekspresisimbolik, sertasketsagrafiknya
|
Fungsi
- RelasidanFungsi
- OperasiAritmetika
- KomposisiFungsi
- Fungsi Linear
- FungsiKuadrat
- FungsiRasional
-
Fungsi
Invers
|
· Mengidentifikasihubunganantaradaerahasal,
daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang
mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang
teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya.
· Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalahkontektual yang
dinyatakandenganfungsilinear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional
· Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmelakukanoperasiaritmetikapadafungsi
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian) danoperasikomposisipadafungsi
· Mengamatidanmengidentifikasifaktapadafungsi
invers yang akandigunakanuntukmenentukaneksistensinya
· Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganfungsi
invers suatufungsi
· Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi
|
4.5.
Menganalisakarakteristikmasing
– masinggrafik (titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot)
danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x),
|f(x)| dsb
|
||
3.6.
Menjelaskanoperasikomposisipadafungsidanoperasi
invers padafungsi invers sertasifat-sifatnyasertamenentukaneksistensinya
|
||
4.6.
Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandenganoperasikomposisidanoperasi invers suatufungsi
|
||
3.7.
Menjelaskanrasiotrigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku
|
Trigonometri
- PengukuranSudut
- PerbandinganTrigonometripadaSegitigaSiku-Siku
- Sudut-sudutBerelasi
- IdentitasTrigonometri
- Aturan Sinus danCosinus
- FungsiTrigonometri
|
· Mangamatidanmengidentifikasifaktapada
radian danderajatsebagaisatuanpengukuransudut, sertahubungannya
· Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganpengukuransudutdalamsatuan
radian atauderajat
· Mangamatidanmengidentifikasifaktapadarasiotrigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku.
·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstualyang berkaitan denganrasio
trigonometri pada segitiga siku-siku
·
Mencermatidanmengidentifikasifaktapadarasio
trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut
berelasikemudianmembuatgeneralisasinya
·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikanmasalahkontekstual yang
berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut di
berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi
·
Mengamatidanmengidentifikasihubungan
antara rasio trigonometri yang membentukidentitas dasar trigonometri.
·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan
prosedurpembuktianidentitastrigonometri
·
Mengamatidanmengidentifikasifaktapadaaturan
sinus dancosinussertamasalah yang terkait
·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganaturan sinus dankosinus.
·
Mencermatidanmengidentifikasifaktapadagrafikfungsi
yang dibuatdenganmenggunakanlingkaransatuan
·
Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk untukmembuatseksagrafikfungsi trigonometri
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri
|
4.7.
Menyelesaikanmasalahkontekstual
yang berkaitandenganrasiotrigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan,
secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku
|
||
3.8.
Menggeneralisasirasiotrigonometriuntuksudut-sudut
di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi
|
||
4.8.
Menyelesaikanmasalahkontekstual
yang berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut di
berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi
|
||
3.9.
Menjelaskanaturan
sinus dancosinus
|
||
4.9.
Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandenganaturan sinus dancosinus
|
||
3.10.
Menjelaskanfungsitrigonometridenganmenggunakanlingkaransatuan
|
||
4.10.
Menganalisaperubahangrafikfungsitrigonometriakibatperubahanpadakonstantapadafungsi
y = a sin b(x + c) + d.
|
…………………,
18Juli 20…..
Mengetahui
Kepala
SMAN ………………… Guru Mata
Pelajaran
………………………………….. …………………………………..
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar